Sabtu, 08 April 2017 13:33 WIB

Ancol Taman Impian dan Unas Luncurkan Buku Keanekaragaman Hayati

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hermawan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ancol Taman Impian bekerja sama dengan Biological Bird Club "Ardea" Universitas Nasional (Unas) Jakarta menggelar kegiatan kompetisi fotografi keanekaragaman hayati. Kegiatan ini dibarengi dengan peluncuran buku Keanekaragaman Hayati. 

Kegiatan yang diselenggarakan, pada Sabtu (8/4/2017), turut menghadirkan pakar lingkungan dan fotografi, yaitu Tatang Mitra Setia (pakar lingkungan perkotaan) dan Willy Ekariyono (Indonesia Wildlife Photography) yang akan berbagi pengalaman tentang keanekaragaman hayati flora dan fauna liar di daerah perkotaan serta mengajarkan bagaimana teknik cara memotret fauna liar secara baik. 

Tidak hanya fotografi. Dalam kegiatan ini juga terdapat kompetisi comic strip, dan doodle art. Mengangkat tema 'Biodiversity and Landscape in Ancol' semua karya yang dikompetisikan tentunya mengenai keanekaragaman hayati, pelestarian lingkungan hidup dan pemandangan di kawasan Ancol Taman Impian. 

"Untuk teknis pelaksanaanya, peserta kompetisi comic strip, dan doodle art akan diberikan waktu hingga pukul 15.00 wib (8 April 2017), sedangkan untuk kompetisi fotografi, peserta akan diberikan waktu sampai 15 April 2017 untuk mencari objek foto yang unik dan menarik di seluruh kawasan Ancol Taman Impian. Nantinya hasil karya yang masuk akan dinilai oleh juri dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 20 April 2017," jelas Paul Tehusijarana, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, di Eco Park, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara, Sabtu (8/4/2017). 

Paul menjelaskan, buku 'Ragam Kehidupan Biota' juga akan diluncurkan bersamaan dengan kegiatan ini.

Buku tersebut bercerita tentang keanekaragaman flora dan fauna liar yang terdapat di kawasan rekreasi Ancol Taman Impian. 

"Ini adalah buku kedua setelah buku Burung-Burung di Ancol Taman Impian diluncurkan pada pada tahun 2015. Buku burung sendiri bercerita tentang semua jenis burung yang dapat ditemui di kawasan Ancol Taman Impian, uniknya burung-burung tersebut tidak hanya burung habitat asli pesisir namun ada juga burung yang hanya singgah saat sedang bermigrasi," jelas Paul.

Sebagai kawasan wisata yang menyediakan ruang terbbuka hijau, Paul mengungkapkan bahwa Ancol Taman Impian terus berkomitmen untuk ikut andil dalam upaya pelestarian lingkungan. 

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen kami dan sebagai motivasi untuk terus menjaga kelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Ancol tidak hanya unggul dalam bidang rekreasi, tetapi juga dapat menjadi sarana edukasi yang dapat dirasakan langsung oleh pengunjung setia Ancol Taman Impian," ujar Paul.

 


0 Komentar