Kamis, 06 April 2017 12:45 WIB

Bandara Internasional Jawa Barat Siap Dialiri Listrik

Editor : RB Siregar
Maket proyek pembangunan Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat.(ist)

SUMEDANG, Tigapilarnews.com  - Guna mempercepat pembangunan dan pengembangan kawasan Bandara Internasional Jawa Barat, PT PLN (Persero) bersama  PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) melaksanakan Penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) di Hotel Papandayan, Bandung, Kamis (30/4/2017) .

Pengembangan kawasan BIJB di wilayah Jawa Barat ini bagi PLN merupakan peluang untuk menunjang pertumbuhan perekonomian dan memacu perkembangan kawasan industri baru di wilayah Sumedang, Majalengka, Subang serta wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Kebutuhan listrik untuk kawasan BIJB ini yaitu 15 Mega Volt Ampere (MVA) untuk Tahap I di 2017 dan 20 MVA untuk Tahap II di 2019. Untuk pemenuhan kebutuhan BIJB Tahap I sebesar 15 MVA akan dipasok dari Gardu Induk (GI) Cikedung dengan menarik jaringan 20 kV sepanjang 32 kms. Pada Tahap II sebsar 20 MVA akan dipasok dari GI Kertajati/Kadipaten Baru II di tahun 2019. 

Untuk mempersiapkan penyaluran tenaga listrik dengan kapasitas tersebut, PLN telah mengkaji  dan melakukan pemetaan pengembangan instalasi kelistrikan sejak tahun 2013 untuk menjamin kesiapan pasokan sekaligus membuat perkiraan pertumbuhan pemakaian tenaga listrik di wilayah tersebut. 

Dalam menunjang pembangunan sistem kelistrikan di BIJB, PLN berinvestasi dalam bentuk sarana dan prasarana kelistrikan, antara lain penarikan jaringan 20kV sejauh 16 kms untuk kebutuhan Pembangunan Tower dan Gedung Operasi dengan kapasitas daya 1600 kVA dan pembangunan Gardu Induk Kadipaten Baru II yang sekarang sudah mencapai progress 49% dan ditargetkan selesai di bulan Oktober 2017.                        


0 Komentar