Jumat, 31 Maret 2017 06:49 WIB

Peserta Aksi 313 Dinilai Turun Drastis

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi Salat Subuh berjamaah di Istiqlal. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Jumlah peserta aksi 313 di Masjid Istiqlal tidak seramai aksi pendahulunya yakni 411, 212, dan 112.

Hal itu terpantau dari Salat Subuh berjamaah pada Jumat (31/3/2017). Kapolsek Sawah Besar ,Kompol Ridwan mengatakan, sementara peserta aksi yang ada di Istiqlal berjumlah 2.500 orang.

"Ini turun drastis, hanya 2.500 orang, tapi masih ada yang dalam perjalanan. Mungkin maksimal hanya 5.000. Pedagang saja di sini (Istiqlal) ada 700 orang," ujar Ridwan di lokasi.

Sementara, posko utama di Menteng 58 posisinya saat ini masih kosong. Aksi 313 ini menyerukan pada pemerintah agar Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dicopot dari jabatan Gubernur DKI Jakarta lantaran sudah berstatus terdakwa kasus dugaan penodaan agama. 

Sekjen FUI, Muhammad Al Khaththath mengatakan aksi akan dimulai dengan Salat Jumat di Masjid Istiqlal, yang berlokasi di Sawah Besar, Jakarta Pusat. Selanjutnya peserta aksi akan berjalan kaki (long march) ke arah Istana Merdeka.

"Insya Allah kita Salat Jumat dulu di Masjid Istiqlal habis salat Jumat kita akan atur barisan untuk long march dari Istiqlal menuju istana," katanya.

Adapun rute long march tersebut dari Masjid Istiqlal menuju Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur. Selanjutnya ke Kedubes Amerika Jalan Medan Merdeka Selatan, kantor Balai Kota DKI Jakarta, Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat hingga ke Istana Negara.

"Di istana kita akan orasi, inshaallah wakil dari pada demontran diterima oleh istana setelah kita menyampaikan aspirasi ke istana ya kita pulang," katanya.(exe/ist)


0 Komentar