Kamis, 23 Maret 2017 20:31 WIB

Gerakan Nasional Revolusi Mental Percepat Restorasi Indonesia

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Rajaman
Puan Maharani (dok/putra)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Presiden Joko Widodo telah merancang Gerakan Nasional Revolusi Mental sebagai upaya percepatan restorasi bangsa Indonesia diikuti oleh seluruh Kementerian atau Lembaga, Pemerintah Daerah.

Hal tersebut, terpaparkan dalam Instruksi Presiden No.12 Tahun 2016. Selain itu, masyarakat juga harus aktif mengimplementasikan 5 (lima) gerakan Revolusi Mental melalui melalui wujud perubahan nyata dalam konteks Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu. 

"Keberhasilan gerakan nasional revolusi mental ditentukan oleh seluruh komponen bangsa dengan memperkuat peran nyata penyelenggara negara dan seluruh elemen masyarakat," ujar Menko PMK, Puan Maharani, dalam keterangan pers, Kamis (23/3/2017).

Menurutnya, para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjadi penggagas utama dan sosok teladan terhadap gerakan perubahan yang dimaksud.

"Keteladanan ASN dapat diwujudkan melalui praktek pelayanan publik yang semakin baik, dan nyata kepada seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Menko PMK mengajak para penyelanggaraan pelayan publik agar bisa merubah pola pikir yang tadinya berorientasi pada pemerintahan dilayani menjadi "pemerintahan melayani". 

"Mengingat penting dan strategisnya tugas KemenPANRB dalam pembinaan ASN, maka sudah seharusnya KemenPANRB menjadi lokomotif dalam gerakan revolusi mental khususnya dalam meningkatkan pelayanan oleh ASN yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," jelasnya.


0 Komentar