Selasa, 14 Maret 2017 10:51 WIB

Selama Sepekan, Berlaku Uji Coba Penutupan Perempatan Kebon Nanas

Editor : Hermawan
Rekayasa lalu lintas di perempatan Kebon Nanas di Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur, berlaku pada hari ini, Selasa (14/3/2017) pagi. (ist).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Rekayasa lalu lintas di perempatan Kebon Nanas di Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur, berlaku pada hari ini, Selasa (14/3/2017) pagi. 

Traffic light di perempatan itu dipadamkan dan akses jalan di tengah jalur persimpangan ditutup.

Pantauan di lapangan, puluhan petugas Dinas Perhubungan DKI bersama kepolisian mengatur lalu lintas di perempatan tersebut.

Bagian tengah persimpangan ditutup menggunakan Movable Plastic Barrier (MPB). Dengan demikian tidak ada lagi kendaraan yang dapat berbelok kanan di perempatan tersebut, baik dari arah Tanjung Priok maupun Cawang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan guna mengurai kemacetan imbas dari pembangunan Jalan Layang Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) ditambah banyaknya kendaraan yang akan berbelok kanan di dua arah tersebut. 

"Uji coba ini sifatnya sementara, kami lihat dalam waktu satu pekan. Kalau ternyata efektif dan tidak ada kemacetan, maka rekayasa ini akan terus dilakukan," tandas Andri, di lokasi rekayasa lalu lintas di perempatan Kebon Nanas, Selasa (14/3/2017). 

Dalam rekayasa lalu lintas ini,  kendaraan dari Cawang, jika menuju Tanjung Priok maka akan langsung jalan terus.

Namun, kendaraan yang akan belok kanan menuju Kober Kebon Nanas maka harus berputar arah di putaran balik (u-turn) di depan Kecamatan Jatinegara. 

Demikian halnya kendaraan dari arah Tanjung Priok menuju Cawang maka bisa jalan langsung. Namun kendaraan yang akan menuju Jalan Otista 3 maka harus berputar di u-turn di kawasan Penas atau Halim lama.

Kemudian, untuk kendaraan dari Kebon Nanas menuju Jalan Otista 3 tidak bisa langsung, melainkan harus belok kiri menuju Halim dan putar arah di u-turn Penas dan menuju ke Otista 3. 

Sebaliknya, kendaraan dari Jalan Otista 3 menuju Kebon Nanas, harus belok kiri untuk berputar arah di u-turn depan kecamatan Jatinegara, untuk selanjutnya menuju perempatan Kebon Nanas dan belok kiri.

Untuk memperlancar rekayasa lalu lintas ini, sebayak 50 petugas gabungan diterjunkan untuk mengatur lalu lintas.

Petugas gabungan ini terdiri personel Dinas Perhubungan DKI, Satwil Lantas Jakarta Timur dan petugas keamanan Sekolah Tinggi Trisakti Manajemen Transportasi Trisakti. (ist)

 


0 Komentar