Minggu, 05 Maret 2017 13:35 WIB

PBB Sebut Serangan Senjata Kimia di Mosul Bisa Jadi Kejahatan Perang

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi serangan senjata kimia. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- PBB memperingatkan dugaan penggunaan senjata kimia di Mosul, jika dikonfirmasi, akan menjadi kejahatan perang.

Selain itu, hal itu juga merupakan pelanggaran serius terhadap hukum kemanusiaan internasional.

"Ini mengerikan. Tidak bisa dibenarkan, tidak sama sekali, untuk penggunaan senjata kimia," kata koordinator badan kemanusiaan PBB di Irak, Lisa Grande seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Minggu (5/3/2017).

Serangan zat kimia diduga terjadi pekan ini di Mosul timur, daerah yang dinyatakan sepenuhnya dibebaskan oleh pasukan Irak di bulan Januari. Serangan itu menghantam lingkungan sepanjang Sungai Tigris, yang membelah kota menjadi dua.

Militan ISIS diketahui telah menggunakan senjata kimia di Iran dan Suriah. Setidaknya 52 kali menurut laporan yang diterbitkan tahun lalu oleh lembaga pemantau konflik IHS yang berbasis di London.

Laporan itu mengatakan bahwa setidaknya 19 dari 52 serangan terjadi di dalam dan sekitar Mosul. Pejabat koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) dan Irak telah berulang kali menyatakan keprihatinan tentang IS serangan senjata kimia.

Namun IS-mengklaim serangan gerilyawan di Irak dan serangan yang menargetkan warga sipil yang mencoba lari Mosul menyebabkan jumlah yang jauh lebih besar dari cedera dan kematian untuk warga sipil.

Sebagian besar Mosul barat masih di bawah kontrol kelompok Negara Islam meskipun beberapa kenaikan baru-baru di tepi selatan-barat kota oleh pasukan Irak selama dua minggu terakhir.

Kampanye koalisi pimpinan AS dari serangan udara telah penting untuk mengamankan keuntungan-keuntungan teritorial, tetapi juga telah mengakibatkan korban sipil dan kerusakan infrastruktur.

serangan udara koalisi di Irak dan Suriah antara November dan Januari menewaskan 19 warga sipil dan melukai dua, menurut pernyataan dari Pentagon pada hari Sabtu.

Laporan ini membawa jumlah total korban sipil diakui oleh koalisi setidaknya 220, menurut Pentagon. Organisasi pemantauan independen menyebutkan jumlah korban sipil yang jauh lebih tinggi.

Airwars, sebuah kelompok pemantau independen yang berbasis di London, memperkirakan jumlah minimum korban sipil yang disebabkan oleh serangan udara setidaknya 2.463.

Laporan Pentagon menambahkan bahwa 19 laporan serangan yang mengakibatkan korban sipil yang masih sedang dikaji, 11 di antaranya terjadi di dalam dan sekitar Mosul.

Pasukan Irak meluncurkan operasi untuk merebut kembali Mosul pada bulan Oktober dan mulai dorongan untuk merebut kembali bagian barat kota bulan lalu.

Setelah lebih dari dua tahun dari kemenangan teritorial lambat terhadap IS oleh pasukan darat Irak yang didukung oleh kekuatan udara koalisi yang dipimpin AS, Mosul barat merupakan daerah kota terakhir yang signifikan IS kontrol di Irak.(exe/ist)
 


0 Komentar