Minggu, 05 Maret 2017 12:30 WIB

Liverpool Buka Peluang Masuk Zona Liga Champions

Editor : Yusuf Ibrahim
Roberto Firmino (tengah) dan Sadio Mane (kanan). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Liverpool menunjukan kapasitasnya sebagai tim besar di Liga Primer.

The Reds memperlihatkan kekuatan mentalnya dengan mengalahkan Arsenal 3-1 di Anfield, Minggu (05/03/2017). 

Liverpool sedang terluka lantaran pada laga terbarunya di kompetisi domestik dipermalukan Leicester City 1-3 di King Power Stadium. Tapi, semua itu tidak membuat Si Merah loyo saat menjamu Olivier Giroud dan kawan-kawan.    

Terbukti, Liverpool mampu mengejutkan tim tamu di babak pertama. Permainan cepat dan terbuka membuat tuan rumah bisa menekan The Gunners. Hasilnya, The Reds bisa mencetak dua gol beruntun di babak pertama lewat Roberto Firmino dan Sadio Mane.  

Memanfaatkan dukungan ribuan fans setia, Liverpool memulai laga dengan langsung menekan pertahanan Arsenal. Armada Juergen Klopp nyaris unggul cepat kalau saja kesempatan yang diciptakan Firmino dapat dikonversi jadi gol.

Tidak berselang lama, gol yang dinanti Adam Lallana dkk muncul juga. Tepat di menit ke-10, Firmino berhasil membawa Liverpool unggul 1-0. Setelah mendapat bola dari Mane yang menyisir dari sisi kanan, Firmino langsung menceploskan bola ke gawang Arsenal. 

Arsenal merespon gol cepat Liverpool dengan meningkatkan tempo permainannya. Satu peluang emas muncul melalui Danny Welbeck. Namun, upaya bekas pemain Manchester United (MU) itu tidak menemui sasaran. 

Justru Liverpool yang bisa menambah keunggulan jadi 2-0. Sekitar lima menit sebelum rehat, Mane mencatatkan namanya di papan skor. Sukses memanfaatkan umpan dari Firmino, Mane memaksa kiper Petr Cech kembali bertekuk lutut.

Tidak mau terus tertinggal, Arsenal berusaha menekan Liverpool di babak kedua. Agar daya serang meningkat, pelatih Arsene Wenger memasukan Alexis Sanchez menggantikan Francis Coquelin di menit ke-46. Arsenal kini diperkuat empat pemain berkarakter menyerang.

Keputusan Wenger membuahkan hasil. Akibat bertambahnya daya gempur Meriam London, gol balasan akhirnya lahir.  Welbeck memecah kebutunan tim tamu setelah memaksimalkan umpan Sanchez di menit ke-57.

Setelah gol itu Arsenal semakin aggresif. Sanchez beberapa kali meneror pertahanan tuan rumah. Sayangnya, klub London Utara itu belum bisa juga menyamakan kedudukan. Sialnya lagi, malah Liverpool yang mencetak gol ketiga saat injury time.

Gol itu tercipta lewat serangan cepat yang diakhiri sepakan Geroginio Wijnaldum di menit ke-90+1.  Wijnaldum mengoyak jala Arsena setelah menerima umpan silang dari Divock Origi  dari sisi kanan yang sekaligus memastikan kemenangan Liverpool.

Hasil positif ini mengobati luka Liverpool yang pertengahan pekan lalu dipermalukan Leicester. Ini sekaligus membuka peluang masuk zona Liga Champions. Pasalnya, mereka kini hanya terpaut satu angka dari Arsenal yang ada di urutan empat.(exe/ist)

Susunan Pemain:

Liverpool: 4-3-3

Mignolet; Clyne, Matip, Klavan, Milner; Wijnaldum, Can, Lallana; Mane, Firmino, Coutinho.

Pelatih: Jurgen Klopp

Arsenal: 4-2-3-1

Cech; Bellerin, Mustafi, Koscielny, Monreal; Coquelin, Xhaka; Oxlade-Chamberlain, Iwobi, Welbeck; Giroud.

Pelatih: Arsene Wenger 


0 Komentar