Kamis, 02 Maret 2017 13:17 WIB

Ridwan Kamil Imbau Warganya Waspadai Bencana Banjir

Editor : Hendrik Simorangkir
Walikota Bandung Ridwan Kamil. (ist)

BANDUNG, Tigapilarnews.com - Walikota Bandung Ridwan Kamil mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bandung terutama yang tinggal di sekitar bantaran sungai, untuk waspada terhadap banjir mengingat intensitas hujan akhir-akhir ini cukup tinggi.

"Saya mengimbau kepada masyarakat selalu waspada, juga menginstruksikan kepada seluruh pejabat kecamatan, kelurahan, RT, dan RW untuk memonitor khususnya di daerah aliran sungai," kata Ridwan di Bandung, Kamis (2/3/2017). 

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, pihaknya akan fokus dalam pembangunan infrastruktur penanganan banjir di dua tempat yang menjadi langganan yakni Gedebage dan Pagarsih.

Untuk di Gedebage, Emil menyebut, pihaknya terus berupaya untuk mengatasi banjir dengan melakukan perbaikan saluran air atau drainase serta membangun proyek penyedotan sungai yang ada di wilayah tersebut.

"Ada dua titik yang selalu menjadi langganan banjir, termasuk Gedebage. proyek tahun 2016 sebesar Rp17 miliar untuk penyedotan sungai di Gedebage, diperempatan gedebage sudah selesai dan menurut laporan sudah berfungsi dan berhasil," ujarnya.

Sementara untuk di Pagarsih, rencananya Pemkot Bandung akan membangun basement di bawah jalan. Nantinya, apabila air dari Sungai Citepus sudah naik ke permukaan, basement akan menjadi wadah penampung air sementara dan dialirkan ketika volume air di sungai sudah turun.

"Saat ini dalam proses lelang, karena anggaran baru diketuk dari Provinsi Jabar, maka untuk 2017 kita akan menanggulangi masalah banjir," tutupnya.


0 Komentar