Kamis, 26 Januari 2017 17:42 WIB

Ahok Percaya Diri Hadapi Debat Reformasi Birokrasi

Editor : Hermawan
Calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku percaya diri untuk menghadapi debat kedua Pilgub DKI 2017 dengan tema Reformasi Birokrasi di Auditorium Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017) besok

Hal tersebut lantaran Ahok merupakan salah satu yang membidangi membuat Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) ketika dia masih di komisi II DPR.

Ditambah lagi, Ahok mendapat suntikan percaya diri tersebut ketika Profesor Sofian Effendi yang juga mantan Rektor UGM mengatakan, dia dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan orang komisi II DPR yang berjuang keras melahirkan UU ASN, dan berhasil menjadi gubernur.

"Jadi kami ini dari dulu membuat ini (UU ASN). Bahkan, kami juga sudah menyiapkan supaya pihak swasta bisa menjadi ASN dalam pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak," jelas Ahok di sela-sela kampanye di Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2017).

Suami Veronica Tan ini menurutkan, pihaknya membuat sistem dalam UU ASN tersebut agar pejabat kepala daerah tidak seenaknya memecat atau mengganti orang.

Semua, kata Ahok, harus ada angkanya. Contohnya, di DKI ada talent pool untuk menampung pejabat-pejabat lolos seleksi.

"Kalau kami mengatakan lurah tidak baik, ada kartunya. Kami mengatakan pejabat ini tidak sesuai, ada rapornya," pungkas Ahok.  (ist)