Jumat, 20 Januari 2017 18:15 WIB

Mensos: Jumlah Penderita HIV/AIDS Mencapai 276 Ribu Orang

Reporter : Rachmat Kurnia Editor : Hermawan
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam ceramah tentang HIV/AIDS di Bekasi, Jumat (20/1/2017).

BEKASI, Tigapilarnews.com - Kementerian Sosial mencatat jumlah penderita HIV/AIDS (ODHA) di Indonesia telah mencapai angka 276 ribu orang.

"Data yang ada di Kemensos sebanyak 276 ribu orang menderita HIV/AIDS, 198 ribu orang lebih menderita HIV, dan 78 ribu orang lebih menderita AIDS," kata Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansadi Bekasi, Jumat (20/1/2017).

Menurut Khofifah, jumlah sebanyak 276 ribu itu pun bagi mereka yang telah berkonsultasi atau mengecek ke dokter. Sementara masih banyak yang tidak terdata sebab mereka tidak melakukan konsultasi ke dokter.

"Untuk yang tidak terdata oleh kami masih sangat banyak. Estimasi kali 10 atau 99 kali lebih banyak dari data yang ada di Kementerian Sosial dan dengan angka ini pun jelas sangat khawatirkan," kata Khofifah.

Khofifah menjelaskan penderita HIV/AIDS cenderung didiskriminasikan oleh masyarakat. Maka dari itu, Kemensos membuat sebuah  konsep bernama kemandirian layanan rehabilitasi sosial bagi penderita HIV/AIDS (ODHA).

"Kami ingin meningkatkan status sosial mereka terutama, ekonominya agar stigma dan diskriminasi kepada para penderita ODHA bisa diminimalisir, dengan konsep yang baik melalui program kemandirian," pungkas  Khofifah.