Kamis, 19 Januari 2017 19:57 WIB

Jelang Tahun Baru Cina, Pasar Glodok Dipadati Pedagang Pernak-Pernik Imlek

Reporter : Rizky Adytia Editor : Hermawan
Pusat penjualan pernak-pernik Imlek di Pasar Glodok di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2017).

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Jelang tahun baru Imlek, yang jatuh pada 28 Januari 2017, sejumlah pedagang di pusat perbelanjaan menjual berbagai macam pernak-pernik khas Imlek.

Salah satu pasar yang dipadati pedagang pernak-pernik Imlek, yaitu Pasar Glodok di kawasan Pecinan Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat.

Di sekitar kawasan pasar Glodok terlihat sejumlah pedagang yang menjual berbagai macam pernak-pernik Imlek. Semisal, kertas angpao hingga kue keranjang.

Salah seorang pedagang di kawasan Pasar Glodok, Andrew(37), mengaku memang sengaja berjualan pernak-pernik khas Imlek di pasar tersebut lantaran omzet yang diperoleh bisa mencapai jutaan rupiah per hari.

"Wah, kalau abis Imlek saya bisa jadi jutawan mas. Walaupun untung sedikit tapi yang beli banyak," ujar Andrew, kepada Tigapilarnews.com, Kamis (19/1/2017).

Selain Andrew, pedagang lainnya, Susi (54), membenarkan hal tersebut. Tak hanya untung yang melimpah. Pembeli yang datang ke Pasar Glodok juga dari berbagai kawasan. Semisalnya, dari Kelapa Gading, Pluit, hingga Bekasi. 

"Kebanyakan yang dicari pembeli itu amplop angpao sama lampion," tuturnya.

Sementara itu, seorang pembeli, Kevin (33), menuturkan memang telah menyiapkan dana unuk membeli pernak-pernik khas Imlek berupa lampion, lampu, pohon, amplop, dan beberapa permen untuk menyemarakan pergantian tahun baru Cina tersebut.

"Sebelumnya saya sudah siapin uang ya, satu juta sampai dua juta untuk keluarga saya," jelas Kevin.

Selain di Pasar Glodok, penjualan pernak-pernik Imlek juga terlihat di kawasan Pasar Pagi Asemka, Pinangsia, dan sejumlah pusat perbelanjaan. Sama seperti di Glodok, beberapa kawasan itu terpantau padat pembeli pernak-pernik Imlek.