Selasa, 17 Januari 2017 22:08 WIB

Louis Van Gaal Tolak Bayaran Rp709 Miliar

Editor : Yusuf Ibrahim
Louis Van Gaal. (poto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Usai sudah perjalanan Louis Van Gaal di dunia kepelatihan.

Pria kebangsaan Belanda itu memutuskan pensiun karena ingin menghabiskan waktu bersama keluarganya. Van Gaal menutup karier di usia 65 tahun.

Selama menjadi pelatih, ia pernah menangani klub-klub besar seperti Ajax Amsterdam, Barcelona, Bayern Muenchen dan Manchester United. Ia juga pernah menangani Tim Nasional Belanda pada 2000-2002 dan 2012-2014 lalu.

"Awalnya saya sempat berpikir untuk istirahat sejenak. Saya menganggapnya sebagai cuti panjang. Tapi sekarang, saya tidak akan kembali lagi untuk bekerja sebagai pelatih," ungkap Van Gaal yang dikutip dari De Telegraaf.

Sebelum memutuskan pensiun, Van Gaal mendapat tawaran melatih dari salah satu klub di benua Asia. Tapi ia menolaknya. Padahal klub tersebut berani membayar 44 juta pounds atau Rp709 miliar untuk durasi kontrak tiga musim.

"Saya bisa saja pergi ke sana. Tapi kenyataannya, saya masih ada di sini (Amsterdam). Begitu banyak momen dalam keluarga saya," tutur Van Gaal.

Selama berkarier sebagai pelatih, sudah banyak gelar yang diraih oleh meneer Belanda ini. Saat di Ajax, ia mempersembahkan trofi Eredivisie, KNVB Cup, Liga Europa dan Liga Champions. Di Barcelona, Van Gaal memberikan piala La Liga, Copa del Rey dan Piala Super Eropa. 

Prestasi masih mengikutinya saat menangani Bayern Muenchen. Van Gaal sukses mempersembahkan trofi Bundesliga, DFB Pokal serta DFB-Supercup. Sementara di Manchester United, Van Gaal hanya meraih gelar juara FA Cup musim 2015/2016 lalu.(exe/ist)