Senin, 16 Januari 2017 16:16 WIB

Antisipasi Banjir di Gunung Sahari, Pintu Air Flusing Ancol Dibuka 2 Pintu

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Rajaman
Banjir di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Utara, (dok/Ryan Suryadi)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Hujan deras yang mengguyur kawasan Jakarta Utara membuat jalan Gunung Sahari banjir setinggi 30 cm. Untuk mengantisipasi ketinggian air tersebut, pintu air flusing Ancol dibuka 2 unit.

Koordinator pintu air Flusing Ancol, Dede Armin mengatakan, pihaknya  membuka dua pintu air tersebut agar dapat mengurangi debit banjir.

"Iya untuk mengantisipasi air tidak meninggi di jalan Gunung Sahari, kami buka 2 unit pintu dengan ketinggian 100 cm," ujar Dede, Senin (16/1/2017)

Dia menjelaskan, pintu air Marina yang mengatur aliran air ke laut saat ini belum dapat bisa dibuka, lantaran ketiggian laut yang mencapai 207 cm. Untuk itu pihaknya mengarahkan air ke kali Ancol RE Martadinata melalui pintu air flusing Ancol.

"Pintu air marina ditutup karena air laut sedang pasang sehingga air dari kali gunung sahari dialirkan ke kali ancol melalui pintu air flusing," jelas Dede.

Dede pun berharap agar masyarakat tidak lagi membuang sampah dalam bentuk apapun ke kali sehingga dapat menyumbat aliran air. 

"Mudah-mudahan masyarakat bisa sadar tidak lagi buang sampah ke kali dan saluran air gak mampet," pungkasnya.