Kamis, 29 Desember 2016 07:10 WIB

Belasungkawa, Jepang Puji Upaya AS untuk Perbaiki Hubungan

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengunjungi pangkalan angkatan laut Amerika Serikat (AS) di Pearl Harbor.

Dalam kesempatan itu, Abe menyampaikan rasa belasungkawanya secara tulus dan abadi kepada korban serangan Jepang ke pangkalan itu 75 tahun lalu.

"Kami harus (berjanji) untuk tidak mengulangi kengerian perang seperti ini lagi, ini adalah sumpah orang-orang Jepang," kata Abe seperti dikutip dari laman BBC, Rabu (28/12/2016).

"Untuk jiwa-jiwa prajurit AS yang berbaring di atas kapal USS Arizona, kepada rakyat Amerika, dan semua orang di seluruh dunia, saya berjanji akan memegang teguh sumpah tersebut," katanya lagi.

Perdana Menteri Jepang itu juga memuji upaya AS untuk memperbaiki hubungan dengan Jepang setelah perang antara kedua negara. Ia pun menyebut aliansi baru antara kedua negara aliansi harapan.

Presiden AS, Barack Obama, yang ikut menemani Abe, juga memberikan penghormatan kepada para korban. Ia mengatakan bahwa ia telah meletakkan karangan bunga di perairan yang masih menangis.

"Pagi itu di jajaran bahu orang-orang ini tercermin keberanian dari dalam hati mereka," katanya sembari menambahkan ia menyambut Abe dalam semangat persahabatan, seperti Jepang selalu menyambutnya.

Abe adalah pemimpin Jepang pertama yang mengunjungi memorial di situs dari kapal perang Arizona, meskipun beberapa dari pendahulunya telah ke Pearl Harbor di masa lalu. Dia dan Obama meletakkan karangan bunga di situs dan dua pemimpin berdoa untuk orang mati.

Tapi, seperti yang diharapkan, Abe tidak mengeluarkan permintaan maaf atas serangan itu.(exe/ist)
0 Komentar