Sabtu, 17 Desember 2016 17:38 WIB

Azas Tigor: Kandidat Pilgub DKI 2017 Jangan Pandai Retorika

Editor : Hermawan
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Warga Jakarta tidak butuh pemimpin yang hanya pandai menyampaikan retorika. Tanpa adanya program nyata akan percuma untuk menarik simpati warga.

Demikian disampaikan pengamat kebijakan publik, Azas Tigor Nainggolan. Dia menilai kandidat yang terjebak dalam retorika hanya akan merugikan diri sendiri. Mengingat warga Jakarta saat ini sangat kritis terhadap berbagai janji manis dari para kandidat Pilgub DKI 2017.

"Masyarakat Jakarta itu sudah mengukur apakah program yang disampaikan kandidat masuk akal atau tidak. Bila retorika dan janjinya berlebihan, maka warga juga yang akan menghukum dengan tidak memilih yang bersangkutan di pilkada DKI kali ini," ucap Tigor, saat dihubungi, Sabtu (17/12/2016).

Tigor pun mencontohkan program pembagian uang yang dijanjikan salah satu kandidat kepada warga apabila kelak menjadi gubernur DKI Jakarta.

"Apakah mungkin program itu berjalan? Jangan coba-coba menjanjikan sesuatu yang tak mungkin, karena warga Jakarta pasti akan menagihnya," tandas Tigor.

Dikatakan Tigor, adapun sejauh ini yang akan dinilai warga adalah kerja nyata apa yang telah dilakukan oleh masing-masing kandidat saat masih menduduki jabatan strategis.

"Bukan hanya rekam jejak petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saja yang dipelajari warga. Tapi hal yang sama juga akan dipelajari warga kepada kandidat lainnya. Seperti pak Anies Baswedan saat menjabat Menteri Pendidikan dan Pendidikan, apa yang sudah dilakukan. Begitu pun dengan Agus Harimurti Yudhoyono rekam jejaknya di militer juga dipelajari warga untuk memilih pemimpin terbaik untuk mereka," ucap mantan Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) ini.

Seperti diketahui, berbagai strategi diterapkan para kontestan Pilgub DKI 2017 untuk meraih dukungan suara warga agar terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta.

Selain terjun langsung menemui masyarakat, penyampaian retorika atau pidato dilakukan oleh setiap kandidat.

Semisal, yang dilakukan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni (Agus-Sylviana) yang menggelar pidato berkonsep pembangunan Jakarta di masa depan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (17/12/2016).

 
0 Komentar