Sabtu, 17 Desember 2016 13:41 WIB

Kalah dari Fahri Hamzah, Pengamat: Ini Momentum PKS Amandemen AD/ART

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai kemenangan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah atas PKS  di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan adalah momentum bagi partai berlambang bulan sabit kembar  untuk segera mengamandemEN AD/ART PKS sebagai partai politik.

“Ini momentum emas bagi PKS untuk amandemen AD/ART partai sehiggga kampatibel dan sesuai dengan semangat pembaharuan, AD/ART meninggalkan nilai-nilai lama (feodalisme), bergeser ke AD/ART partai yang moderen dan demokratis (restrukturisasi kekuasaan),” kata Pangi saat dihubungi, sabtu (17/12/2016).

Menurut  Pangi,  Indonesia adalah negara hukum. Dan pakem hukum tertinggi adalah konstitusi, bagaimana pun memaknai konteks sebagian elite partai soal logika AD/ART  PKS lebih tinggi dari UU dan konstitusi. Karena itu menurutnya logika sesat tersebut yang sedang berkembang di internal PKS.

“Karenannya bila dibiarkan begitu akan menjadi preseden buruk bagi sebagian petinggi partai yang diduga membangkang kepada aturan negara. AD/ART partai dianggap lebih tinggi kedudukannya dari pada UUD 1945, jelas berbahaya bagi konstelasi NKRI. Ini bisa dikategorikan sikap makar dan menjadi persoalan yang agak serius,” terang Pangi.

Disisi lain, Pangi menjelaskan, kemenangan seorang  Fahri Hamzah atas PKS merupakan kekalahan sebagian elite petinggi oligarki partai tersebut yang harus diterima oleh seluruh kader.
0 Komentar