Kamis, 15 Desember 2016 07:50 WIB

ISIS Akui Sebagai Pelaku serangan Bom Katedral Koptik di Kairo

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- ISIS mengklaim berada di balik serangan bom yang menghantam sebuah Katedral Koptik di Kairo, Mesir pada akhir pekan lalu.

Serangan terhadap Katedral terbesar di ibukota Mesir itu menewaskan setidaknya 25 orang. Kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu mengatakan, anggota mereka masuk ke dalam Katedral tersebut dengan menyamar menjadi seorang jemaat.

Saat sudah berada di dalam, bomber yang diketahui bernama Abu Abdallah al-Masri langsung meledakan diri. "Bomber masuk di antara kerumunan orang dan meledakkan sabuk peledak. Kami akan melanjutkan serangan di Mesir, dan negara lain di seluruh dunia," kata ISIS dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (14/12).

Sumber-sumber keamanan di Mesir mengatakan, setidaknya enam anak termasuk di antara mereka yang tewas dalam serngan itu. Sumber-sumber keamanan juga mengatakan sebuah perangkat yang berisi sekitar 12 kg TNT meledak di sisi bagian perempuan dari gereja.

Sejumlah negara, termasuk di dalamnya Indonesia mengecam keras serangan terhadap Katedral tersebut. Iran menyebut serangan itu menunjukkan kelompok teroris tidak dapat dikontrol dan tidak terikat untuk setiap batas-batas negara, agama, atau geografis.

"Serangan yang menargetkan tempat keagamaan tidak konsisten dengan prinsip-prinsip semua agama. Semua agama sangat menolak tindakan tercela seperti itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran.(exe/ist)
0 Komentar