Jumat, 09 Desember 2016 07:56 WIB

Turangga Cheta Evolution 4 Karya Mahasiswa Bandung Jajal Sirkuit Fiorano Italia

Editor : RB Siregar
MARANELLO, Tigapilarnews.com - Mobil baterai listrik karya sekelompok mahasiswa Indonesia merupakan kendaraan pertama di luar Ferrari dan Fiat yang melaju di lintasan Sirkuit Fiorano di Maranello, Italia, untuk uji coba mobil hemat energi.

Mobil produksi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang dinamakan Turangga Cheta Evolution 4 mendapatkan kesempatan menguji kehematan bahan bakar dengan melakukan tujuh putaran.

Tim mahasiswa yang menamakan diri Bumi Siliwangi mendapat hadiah ke Maranello pada minggu pertama November untuk melihat pengembangan teknologi dan produksi tim Formula 1, Ferrari, serta menguji lintasannya.

Mereka menjadi juara dunia dalam lomba mobil buatan mahasiswa paling cepat dan paling irit, Shell Eco Marathon Drivers' World Championship di London, Juli lalu, yang diikuti oleh puluhan tim pelajar dan mahasiswa dari seluruh dunia.

Empat tim mahasiswa dari Italia, Prancis, Jerman dan Swiss yang menjadi finalis dalam kejuaraan mobil hemat energi Eropa juga mendapatkan kesempatan menguji lintasan sirkuit yang selama ini hanya digunakan untuk mobil Ferrari dan Fiat.

Test driver Ferrari, Marc Gene, yang mendampingi para mahasiswa dalam demo lintasan memuji Ramdani, pengemudi mobil Turangga Cheta yang ia sebutkan memiliki banyak pengetahuan dalam usia yang sangat muda.

"Dia senang sekali dan saya bisa melihat dari matanya,yang bersinar. Dia menikmati setiap momen (di sirkuit Fiorano). Saya beri masukan terkait efisiensi, termasuk cara melewati tikungan, mengerem," kata Marc menyusul uji lintasan Rabu (7/12/2016) sore.

"Mereka berusaha keras mendorong (perkembangan teknologi). Mungin satu saat teknologi seperti ini akan digunakan… Mereka memiliki banyak pengetahuan pada usia yang sangat muda. Mereka tentu bisa menjadi insinyur di Ferrari satu waktu nanti."

Ramdani, pengemudi Bumi Siliwangi mengatakan ia masih tak percaya akan menjadi pengemudi di sana dan duduk di samping Gene. "Bahagia dan kaget juga saya, karena, kerennya, dia yang menjadi penumpangnya," kata Ramdani.

Sirkuit Fiorano digunakan untuk pengembangan dan uji lintasan sejumlah pembalap besar dalam olahraga termahal di dunia ini, Formula 1, termasuk Nikki Lauda, Michael Schumacher sampai pembalap saat ini Kimmi Raikonen dan Sebastian Vettel.

Tim Bumi Siliwangi - juara dunia bertahan untuk lomba mobil buatan mahasiswa urban concept atau konsep perkotaan, tampil dengan 48 kilometer per kwh (kilowatt hour), lebih rendah dari capaian di London sejauh 68 km/kwh.

Mahasiswa Prancis, dari Lycee Saint Joseph La Joliverie dengan mobil prototipe berbahan bakar bensin muncul dengan hasil paling efisien, dengan sekitar 1400 kilometer untuk satu liter bahan bakar.

sumber: bbc
0 Komentar