Jumat, 09 Desember 2016 07:30 WIB

Rusia Dituding Ingin Kacaukan Jerman

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Badan intelijen Jerman menyebut Rusia mencoba untuk mengacaukan situasi di negara itu menjelang pemilihan umum.

Rusia melakukan hal itu melalui propaganda dan serangan cyber. "Ada bukti yang berkembang dari upaya mempengaruhi pemilihan umum federal tahun depan," kata kepala intelijen Jerman, Hans-Georg Maassen, mengutip "semakin agresif spionase cyber" terhadap entitas politik di Jerman.

Maassen mengungkapkan keprihatinannya atas meningkatnya penggunaan media sosial oleh pemilik suara yang membuat mereka lebih rentan terhadap disinformasi.

"Kami khawatir bahwa ruang propaganda sedang dibuat di sana," katanya sembari menambahkan bahwa pembentukan opini secara otomatis dengan bot dapat digunakan untuk menyebarkan berita palsu seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Kamis (8/12/2016).

Maassen juga mengatakan bahwa politisi Jerman telah menajdi target serangan hacker baru-baru ini. Menurutnya bisa saja hal itu adalah upaya untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan untuk mendiskreditkan mereka.

"Kami mengharapkan peningkatan lebih lanjut dalam menangani serangan cyber untuk jangka panjang guna kepentingan pemilu," tukasnya.

Jerman belum menetapkan tanggal untuk pemilihan nasional pada tahun 2017, namun diharapkan berada di September.

Rusia sebelumnya disalahkan atas peretasan dan kebocoran email milik Komite Nasional Partai Demokrat jelang pemilu presiden Amerika Serikat (AS). Tapi Moskow telah membantah keras terlibat dalam mendalangi serangan cyber di negara asing dan membalas dengan tuduhan sendiri terhadap Barat.(exe/ist)
0 Komentar