Kamis, 08 Desember 2016 08:47 WIB

Obama Akui Gagal di Afghanistan

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengakui gagal memberangus Taliban di wilayah Afghanistan.

Taliban setidaknya sudah tiga dekade beroperasi di wilayah Afghanistan. Berbicara saat berpidato di hadapan tentara AS di pangkalan udara MacDill di Florida, Obama mengatakan AS saat ini hanya bisa membantu Kabul untuk mengembangkan Afghanistan, dan membuat negara tersebut menjadi negara yang lebih stabil.

"Saya tidak menunjukan terlalu banyak optimisme. Situasi di Afghanistan masih sulit. Perang telah menjadi bagian dari kehidupan di Afghanistan selama lebih dari 30 tahun. AS tidak bisa menghilangkan Taliban atau mengakhiri kekerasan di negara tersebut," kata Obama, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (07/12/2016).

"Tapi apa yang bisa kita lakukan adalah menghalau al-Qaeda dan hal lain yang kita bisa lakukan adalah mendukung Afghanistan yang menginginkan masa depan yang lebih baik. Itulah sebabnya mengapa kita tidak hanya bekerja dengan militer, tapi kita mendukung pemerintah persatuan di Kabul," sambungnya.

Afghanistan berada dalam keadaan kekacauan, baik secara politik ataupun sosial, dengan Taliban dan kelompok ekstrimis lainnya, seperti ISIS dan al-Qaeda, beroperasi di negara itu.

AS sendiri mulai melakukan operasi pembersihan Taliban di Afghanistan sejak tahun 2001, yang berlangsung hingga saat ini.(exe/ist)
0 Komentar