Selasa, 06 Desember 2016 08:30 WIB

AS Tolak Ide Israel

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapialrnews.com- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, menyatakan pihaknya menolak ide Israel terkait pembicaraan damai dengan Palestina.

Israel berencana untuk membuat pembicaraan terpisah dengan sejumlah negara Arab. Kerry menegaskan, tidak akan ada upaya damai terpisah terkait dengan Palestina.

Dia juga mengatakan, perdamaian di Palestina akan menjadi kunci dari perdamaian di kawasan Timur Tengah.

"Tidak, tidak, tidak dan tidak. Tidak akan ada pembicaraan dan perdamaian terpisah dengan dunia Arab tanpa proses Palestina dan perdamaian Palestina," kata Kerry dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Russia Today pada Senin (5/12).

Dalam pernyataanya, Kerry turut mendorong Tel Aviv untuk menghentikan pembangunan pemukiman Yahudi di wilayah Tepi Barat.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Kerry juga turut menyinggung mengenai kesepakatan nuklir Iran. Dimana, dia menyatakan kesepakatan Iran tidak boleh dibatalkan, dan dia yakin melalui kesepakatan itu dunia dapat memantau perkembangan teknologi nuklir Iran.

"Ketentuan monitoring akan memungkinkan untuk mendeteksi kemajuan teknologi nuklir yang dibuat oleh Teheran, dan dalam setiap pilihan yang kita miliki saat ini akan tersedia bagi kita kemudian hari," tukasnya.(exe/ist)
0 Komentar