Selasa, 22 November 2016 07:30 WIB

Obama Nilai Situasi di Suriah Semakin Rumit

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengaku pesimis dengan masa dengan Suriah.

Dirinya mengatakan, situasi di Suriah saat ini sudah terlalu rumit, yang membuat semakin sulitnya penyelesaian konflik di wilayah tersebut.

Berbicara saat menghadiri KTT APEC di Lima, Peru, Obama mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat situasi di Suriah semakin rumit. Salah satunya adalah keterlibatan Iran dan Suriah dalam konflik itu. Kedua negara tersebut mendukung pemerintah Suriah di bawah pimpinan Bashar al-Assad.

"Saya benar-benar tidak merasa optimis tentang prospek jangka pendek di Suriah," kata Obama dalam pertemuan tersebut, seperti dilansir Al Jazeera pada Senin (21/11).

"Setelah Rusia dan Iran membuat keputusan untuk mendukung Assad dan kampanye udara brutal di Aleppo yang membuat upaya damai dengan banyaknya korban sipil, anak-anak yang terbunuh atau terluka, sekolah atau rumah sakit yang hancur, itu sangat sulit," sambungnya.

Dia menambahkan, serangan udara bertubi-tubi yang dilancarkan Damaskus dan sekutunya membuat apa yang dia sebut oposisi moderat kewalahan. "Saya tidak yakin mereka dapat mempertahankan posisi mereka untuk jangka panjang," ucapnya.(exe/ist)
0 Komentar