Rabu, 16 November 2016 15:21 WIB

Pasca Banjir, Bayi Rentan Diserang Penyakit

Editor : Danang Fajar
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Banjir yang melanda di sejumlah wilayah Kota Tangerang, menjadi perhatian serius bagi pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Pasalnya, banjir yang melanda selalu diiringi dengan berbagai penyakit yang mengintai kesehatan pengungsi.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Lisa Puspadewi menjelaskan, bayi sangat rentan diserang penyakit saat banjir. Terlebih, balita berada di tempat pengungsian yang lingkungannya tidak steril dari kebersihan.

"Saya imbau kepada para orangtua korban banjir yang sedang mengungsi, agar tetap memberikan ASI kepada anak yang berusia dibawah dua tahun. Karena, itu sebagai imunitas anak," ujar dr. Lisa, Rabu (16/11/2016).

dr. Lisa menambahkan, bila masa sesudah bencana banjir merupakan masa inkubasi. Dimana penyakit seperti gatal-gatal dan diare akan mudah mengintai.

"Masa inkubasi antara tiga sampai tujuh hari pascabencana. Dipastikan kondisi tubuh mulai tidak sehat, tubuh terasa lelah, dan sulit tidur yang menyebabkan imunitas menurun. Seiring itu, penyakit pun mulai berdatangan," jelasnya.

"Selain itu, masa inkubasi juga bisa berkembang lebih cepat, karena faktor lingkungan, serta jumlah pengungsi yang membludak dalam satu tempat," pungkasnya.
0 Komentar