Selasa, 01 November 2016 08:40 WIB

Vettel Kehilangan Podium

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Keputusan pahit diterima Sebastian Vettel. Ia dikenai hukuman karena melakukan pelanggaran di GP Meksiko, Senin (31/10/2016) dini hari WIB.

Vettel dianggap melakukan manuver yang berbahaya. Saat ingin disusul Daniel Ricciardo, Vettel mengubah arah di zona pengereman dan hal tersebut ia lakukan demi mempertahankan posisi tiga.

Namun sayang, aksinya dinilai kelewat batas. Race Director akhirnya memberi hukuman pemotongan catatan waktu 10 detik.

Akibat hukuman tersebut Vettel turun ke posisi lima. Padahal saat balapan selesai, ia mampu finis di urutan tiga di belakang duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Peringkat tiga akhirnya jatuh ke tangan Ricciardo. Sementara Max Verstappen ada di posisi keempat. "Sesuai dengan pasal 27.5 dalam catatan Race Director, pada dasarnya ada tiga pelanggaran yakni mengemudikan mobil dengan potensi membahayakan pembalap lain, perubahan arah secara tidak normal dan memaksa pembalap lain untuk mengambil tindakan mengelak," jelas pernyataan Race Director.

"Dalam video rekaman jelas memberi bukti dan dengan demikian, semua kategori pelanggaran termasuk di dalamnya. Dia dinyatakan bersalah karena melanggar pasal ini," sambung pernyataan tersebut.

Akibat insiden ini, Vettel tak hanya kehilangan podium. Keberadaannya di papan klasemen pembalap ikut berpengaruh.

Pria kebangsaan Jerman itu harus terpaku di posisi empat. Ia memiliki 187 poin dan ada di belakang Ricciardo (242 poin), Hamilton (330 poin) serta Rosberg (349 poin).(exe/ist)
0 Komentar