Sabtu, 29 Oktober 2016 08:30 WIB

Hungaria dan Kroasia Depak Rusia dari Dewan HAM PBB

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Rusia kehilangan tempatnya di Dewan HAM PBB setelah dikalahkan Kroasia dalam pemungutan suara yang dilakukan secara tertutup.

Ini adalah yang pertama kalinya sejak 2006 lalu Rusia terdepak dari keanggotaan Dewan HAM PBB. 47 tempat di Dewan HAM PBB didistribusikan secara regional dimana sepertiga dari anggota dipilih kembali setiap tahun.

Rusia terdepak setelah tiga tahun terpilih, kalah bersaing dengan Hungaria dan Kroasia untuk dua kursi yang tersisa untuk Eropa Timur. Hungaria berhasil unggul jauh atas Kroasi yang mendapat dukungan 114 dari 193 negara dan Rusia yang mendapatkan dukungan 112 negara.

Seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (29/10/2016), jelang pemilihan UNHRC tahun ini Rusia berada di bawah tekanan terpadu dari organisasi hak manusia.

Sebuah petisi yang ditandatangani oleh 80 LSM, termasuk Human Rights Watch dan Pengungsi Internasional, meminta negara-negara untuk mempertanyakan peran Rusia di Suriah yang dinilai tidak cocok untuk duduk di lembaga utama hak asasi manusia PBB.

Rusia menolak permohonan itu dengan mengatakan tuduhan itu lebih memuat motivasi politik daripada kepedulian terhadap hak asasi manusia.

Moskow, yang telah melakukan serangan udara di Suriah sejak tahun lalu, mengatakan bertindak sesuai dengan hukum menyusul permintaan resmi dari pemerintah Suriah. Moskow pun menegaskan bahwa upaya perang ditargetkan kepada kelompok teroris.

Badan HAM PBB ini menggantikan Komisi PBB tentang Hak Asasi Manusia (UNHCR) pada tahun 2006 yang diguncang tuduhan dominasi rezim otoriter dan terlalu asyik terhadap pelanggaran Israel di Palestina dengan mengorbankan kejahatan hak asasi manusia di tempat lain di dunia.

Terpilihnya Muammar Gaddafi sebagai kepala komisi pada tahun 2003 mengundang kecaman dari media barat dan politisi serta memicu reformasi terhadap UNHCR.(exe/ist)
0 Komentar