Rabu, 05 Oktober 2016 07:51 WIB

Ohsumi, Ilmuwan Jepang Keenam Peraih Nobel Bidang Kedokteran

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Seorang ilmuwan asal Jepang mendapatkan Hadiah Nobel dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran tahun ini.

Pengumuman pemberian Hadiah Nobel ini diumumkan sekretaris Komite Nobel, Thomas Perlmann di Stockholm. "Yoshinori Ohsumi menjadi pemenang Nobel dalam bidang Kedokteran tahun 2016 untuk penemuan mekanisme yang mendasari autophagy, proses fundamental guna mengurangi dan mendaur ulang komponen seluler," bunyi siaran pers dari panitia Nobel.

Disitat dari ABC Radio Online, Selasa (4/10/2016), penelitian Ohsumi telah menghasilkan pemahaman baru tentang bagaimana sel dapat mendaur ulang kontennya sendiri.

Dalam sebuah wawancara, Ohsumi mengaku terkejut dengan Hadiah Nobel yang diperolehnya. "Saya mendengar bahwa saya satun-satunya! Itu juga kejutan bagi saya," katanya mengacu pada langkanya pemenang tunggal Hadiah Nobel dalam bidang Kedokteran.

Ohsumi berencana akan ke Stockholm untuk menerima penghargaan itu pada bulan Desember. Ia adalah orang Jepang keenam yang meraih Hadiah Nobel dalam bidang Kedokteran.(exe/ist)
0 Komentar