Selasa, 04 Oktober 2016 11:13 WIB

Belum Ada Tim Khusus, Kemenkominfo Tetap Pantau Medsos Paslon Pilkada

Editor : Danang Fajar
Laporan : Yanti Marbun

JAKARTA, Tigapilarnews.com -- Kabag Tata Usaha Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Ferdinandus Setu mengatakan, sampai saat ini KPUD belum melakukan konfirmasi terkait ahli ITE untuk pemantauan akun media sosial (Medsos) ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang bersaing di Pilgub DKI 2017.

"Belum ada konfirmasi tetapi yang jelas prinsipnya Kominfo mengawasi lalu lintas sosmed agar tranding topik selalu diawasi melihat apasih pergerakan pembicaraan masyarakat Jakarta pada hari ini,"tuturnya kepada Tigapilarnews.com. Selasa (4/10/2016) siang.

Nando menjelaskan, meski belum ada konfirmasi dari pihak KPUD, Kominfo sudah memiliki mekanismenya, yaitu Ditjen Aplikasi Komunika yang memantau apakah ada konten disosmed yang melanggar undang-undang ITE.

"Makanya kami meminta kepada tiga pasangan untuk menyertakan juga akun sosmed resminya, sosmed pendukung resminya yang nantinya bisa kami awasi kalau ada orang yang menjelek-jelekan‎ pasangan lain kita akan tindak," pungkasnya.

Sebelumnya diinformasikan Ahli Teknologi Informatika dari Universitas Mercu Buana, Afiyati Reno menyarankan agar pihak KPU segera berkoordinasi dengan pihak Menkominfo agar Pilgub kedepan dapat berjalan sesuai aturan.

"Hal yang ditakutkan apabila Sosmed ini bisa dibuat dengan mengambil identitas orang lain, tidak bisa langsung dicek kebenarannya betul ini akun yang dimiliki oleh kandidat atau tidak. Maka perlu pengecekan dengan benar dan ahli IT khusus," tutupnya.
0 Komentar