Kamis, 22 September 2016 07:30 WIB

Mancini Berpeluang Rasakan Atmosfir La Liga

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Roberto Mancini berniat melebarkan sayap ke Spanyol.

Pelatih asal Italia itu tertarik mengisi kekosongan di Valencia setelah berpisah dengan Pako Ayestaran. Ayestaran jadi pelatih pertama yang dipecat klub La Liga pada musim ini.

Pria berusia 53 tahun itu didepak setelah Los Che menelan empat kekalahan beruntun, dan kini jadi juru kunci klasemen sementara.

Sejak kompetisi dimulai, Valencia ditaklukan Las Palmas (2-4), Eibar (0-1), Real Betis (2-3) dan Athletic Bilbao. Mereka jadi satu-satunya peserta La Liga yang belum meraih angka. Ironisnya lagi, lini depan baru menghasilkan lima gol dan kebobolan 10 kali.

Hasil buruk itu membuat dewan direksi Valencia memutuskan memecat Ayestaran. Ini berarti kiprahnya di Estadio Mestalla hanya berlangsung lima bulan. Pada 14 Februari 2016, dia ditunjuk sebagai asisten pelatih Gary Neville setelah selesai membesut Santos Laguna.

Karena Neville dipecat, Ayestaran lalu diangkat sebagai pelatih kepala pada 24 Mei 2016. Dia tetap dipertahankan karena membatu Valencia terhindar dari degradasi. Sayang bulan madunya hanya berlangsung sesaat.
Pako Ayestaran dipecat Valencia karena terus gagal meraih angka di La Liga musim ini. Sambil mencari pelatih baru, Valencia menujuk Voro Gonzalez sebagai interim. Kabarnya, Mancini siap mengajukan lamaran. Mancio kini sedang menganggur lantaran diusir Inter Milan sekitar dua pekan sebelum Serie A bergulir.

Menurut keterangan media Spanyol, Mancio jadi kandidat utama pelatih baru Valencia. Artinya, dia berpeluang merasakan atmosfir La Liga untuk pertama kali. Soalnya, dia belum pernah melatih di Spanyol. Sejauh ini dia telah berkelana Italia, Inggris dan Turki. (exe/ist)

0 Komentar