Senin, 12 September 2016 11:07 WIB

Mentan Sebut Sapi Lokal Siap Dikembangbiakkan

Editor : Rajaman
Laporan: Yanti Marbun

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menyerahkan hewan Sapi Limosin lokal seberat 1,5 ton yang diamanatkan Presiden Jokowi ke Masjid Istiqlal. Mentan menjelaskan,  jenis sapi ini merupakan hasil peranakan ongol (PO) asal Tuban, Jawa Timur‎.

"Artinya sapi kita mampu menghasilkan bobot yang tidak kalah dengan sapi lain," ujarnya di Masjid Istiqlal, Senin (12/9/2016).

Menurutnya, ini potensi yang luar biasa untuk sapi lokal yang sudah dikembangkan. Terlebih, di tahun 2015 kurang lebih satu juta sapi onggol dan sapi brahman dilahirkan.

"Yang terpenting adalah kita kembangkan kedepan untuk pesan lainnya. Sehingga kita bisa swasembada protein bukan cerita daging lagi tapi protein," tuturnya.

Ia melanjutkan, untuk arahan presiden sembilan tahun kedepan sapi lokal akan terus dikembangbiakan.

"Tapi kalau bisa lebih cepat kita upayakan agar lebih cepat untuk swasembada sapi. Sekarang bawang sudah swasembada kita sudah ekspor, jagung impor kita turun 60 persen, kemudian beras harganya stabil bahkan turun. Kalau beras stok kita 2,1 juta ton cukup sampai bulan Mei 2016," tandasnya.
0 Komentar