Sabtu, 03 September 2016 09:11 WIB

China Terus Kembangkan Peralatan Militer Canggih

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Angkatan Udara China mengatakan bahwa Beijing sedang mengembangkan pesawat jet pengebom (bomber) jarak jauh strategis generasi terbaru.


Pengembangan jet tempur ini diklaim sebagai langkah terbaru China dalam memodernisasi militernya. China terus berinvestasi dalam persenjataan dan operasi militer untuk meningkatkan proyeksi kekuatannya, yang sejatinya sudah dilengkapi dengan pesawat tempur yang mampu menyerang target jauh dari wilayahnya.


Namun, negara ini berambisi memiliki jet tempur pengebom jarak jauh generasi terbaru di masa depan. ”Kami sedang mengembangkan generasi baru bomber jarak jauh, dan Anda akan melihatnya di masa depan,” kata Kepala Angkatan Udara China, Ma Xiaotian pada Jumat (02/09/2016), seperti dikutip Global Times.

Tahun lalu, China meluncurkan pesawat pengebom strategis generasi baru H-6K yang dipersenjatai dengan rudal jelajah DH-20. Rudal dari pesawat ini bisa mencapai target hingga di wilayah Australia.

Pesawat pengebom ini telah terbang dalam beberapa misi pelatihan di Pasifik Barat dan juga telah digunakan untuk patroli di kawasan Laut China Selatan yang disengketakan.

China juga mengembangkan jet tempur siluman sendiri. Tak hanya itu, Beijing juga membuat pesawat angkut besar baru yang dinamai Y-20, yang menggunakan mesin Rusia.

Selama beberapa tahun terakhir, China telah meningkatkan upayanya dalam mengembangkan peralatan militer canggih baru, termasuk kapal selam, kapal induk dan rudal antisatelit. Langkah China sebagai pembuktian persaingan militernya dengan militer AS, terutama sejak kedua negara terlibat ketegangan.(exe/ist)

0 Komentar