Rabu, 31 Agustus 2016 06:25 WIB

Madrid Kalahkan Muenchen dan Barcelona

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Status Real Madrid sebagai klub terbaik di Eropa terus berlanjut.

Los Blancos kembali mengalahkan sejumlah jawara kompetisi domestik dalam peringkat koeffisien yang dikeluarkan UEFA.

Madrid boleh saja gagal di ranah sendiri pada musim lalu. Mereka harus merelakan trofi Liga Spanyol dan Copa del Rey direbut Barcelona. Ya, hanya satu gelar yang diraih armada Zinedine Zidane, yaitu Liga Champions.

Jika membandingkan dengan klub lain, jumlah trofi yang direngkuh Madrid tergolong minim. Bayern Muenchen mampu menguasai Liga Jerman, DFB-Pokal dan DFL-Supercup. Torehan serupa dibukukan Juventus dan Paris Saint-Germain (PSG).

Juventus merajai Liga Italia, Coppa Italia serta Supercoppa Italiana. Sedangkan PSG menggondol titel Liga Prancis, Coupe de France, Coupe de la Ligue dan Trophee des Champions.

Koleksi gelar yang Madrid selama lima musim terakhir juga tidak terlalu banyak. Tapi, itu tidak menghalangi Los Blancos dinobatkan sebagai tim terbaik di Benua Biru. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan ada di puncak lantaran mengumpulkan 144.280 angka.

Madrid melewati perolehan Bayern yang mendulang 134.528  angka. Sementara Barcelona ada di posisi ketiga dengan 129.428 angka. Diikuti Atletico Madrid (114.428), Juventus (109.199) serta PSG (108.066).

Penentuan peringkat itu berdasarkan prestasi setiap tim selama lima musim belakangan di Liga Champions dan Liga Europa. Ini yang membuat Madrid berjaya. Sebab, pada periode itu Madrid selalu melaju ke semifinal dan paling banyak juara. Selain musim lalu, mereka juga memenangi edisi 2013/2014.(exe/ist)
0 Komentar