Jumat, 26 Agustus 2016 08:14 WIB

Turki Bersihkan Wilayah Jarabulus dari ISIS dan Milisi Kurdi

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Setidaknya lebih dari 10 tank Turki terlihat menyebrang ke Suriah.

Pengiriman ini dilakukan sehari setelah pasukan oposisi Suriah, yang didukung Ankara, mengusir militan ISIS dari kota Jarabulus dekat perbatasan negara itu dengan Suriah.

Tank-tank tersebut bergabung dengan kontingen sebelumnya yang telah melintasi wilayah perbatasan sehari sebelumnya untuk melakukan operasi darat yang disebut Efrat Shield. Operasi tersebut bertujuan untuk membersihkan wilayah Jarabulus dari ISIS serta milisi Kurdi.

Menurut seorang pejabat senior Turki, saat ini ada lebih dari 20 tank Turki di dalam wilayah Suriah. Ia menambahkan tank tambahan dan mesin konstruksi akan dikirim dalam waktu dekat jika diperlukan.

"Kita perlu mesin konstruksi untuk membuka jalan dan kita mungkin membutuhkan lebih banyak di masa mendatang. Kami juga memiliki pengangkut personel lapis baja yang dapat digunakan di sisi Suriah. Kita mungkin menempatkan mereka ke dalam peralatan yang diperlukan," tutur pejabat itu seperti dikutip dari Alaraby, Kamis (25/08/2016).

Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang didukung Ankara telah menguasai kota perbatasan Suriah, Jarabulus, Rabu kemarin setelah ISIS meninggalkan pos-pos mereka.

Rekaman video yang diposting pejuang FSA menunjukkan perjalanan menuju pusat Jarabulus yang telah ditinggalkan setelah mereka menguasai empat desa di dekatnya.(exe/ist)
0 Komentar