Jumat, 26 Agustus 2016 06:49 WIB

Pencetak Gol Terbanyak Timnas Irlandia Umumkan Pensiun

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pencetak gol terbanyak timnas Irlandia, Robbie Keane, mengumumkan pengunduran dirinya, Rabu (24/08/2016).

Hal itu setelah 18 tahun berkarer di timnas. Striker 36 tahun yang kini merumput di klub MLS, Los Angeles Galaxy itu akan melakoni laga terakhirnya saat Irlandia melawa Oman dalam laga persahabatan, 31 Agustus nanti.

Keane mencetak 67 gol untuk negaranya, sekaligus menempatkan dia di peringkat 15 pada daftar penembak jitu internasional sepanjang masa. "Menjadi perjalanan yang indah buat saya, bermain dengan tim Irlandia selama lebih dari 18 tahun, sejak saya membuat debut internasional di timnas senior pada tahun 1998," kata Keane dilansir Reuters.

"Sebagai anak muda yang tumbuh di Dublin dan bermain sepak bola di jalanan, saya takĀ  pernah membayangkan jalan hidup saya seperti ini. Ini melebihi harapan saya yang paling liar," imbuhnya.

Keane membuat debut internasional di Republik Ceko pada tahun 1998 pada usia 18 tahun. Hanya butuh lebih dari enam tahun baginya untuk menyalip Niall Quinn sebagai pencetak gol terbanyak untuk negaranya.

Keane, pernah merumput di sejumlah klub seperti Wolverhampton Wanderers, Coventry City, Inter Milan, Leeds United, Tottenham Hotspur, Liverpool, Celtic, West Ham United, dan Aston Villa.

Dia dikenang saat mencetak di menit terakhir untuk menyamakan skor melawan Jerman di Piala Dunia 2002. Dengan torehan 67 gol dari 145 pertandingan, Keane juga tercatat sebagai pemain yang paling banyak tampil untuk negaranya.

"Tak diragukan lagi, dia salah satu pemain terbaik Irlandia. Menurut saya, rekor gol yang dia buat akan bertahan lama bahkan mungkin tidak akan terlampui," kata manajer Irlandia Martin O'Neill.(exe/ist)
0 Komentar