Kamis, 25 Agustus 2016 07:20 WIB

Pedrosa Kesulitan untuk Bisa Lebih Cepat

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dani Pedrosa tampaknya mesti sabar untuk bisa kembali ke performa terbaiknya.

Sebab, pembalap Honda masih belum bisa menyelesaikan masalah ban depan Michelin dalam pengujian di Sirkuit Brno, Selasa (23/08/2016) dini hari WIB.

Dalam pengujian tersebut, Pedrosa menempati posisi ketujuh dengan catatan waktu 1 menit 56.857 detik setelah melahap 29 lap. Meski merombak pengaturan motor, perangkat elektronik serta menjajal swing-arm RC213V baru, pembalap Repsol Honda tetap tampil kurang greget.

Dalam wawancaranya di situs resmi MotoGP, Pedrosa masih mengeluhkan kinerja ban Michelin yang sejauh ini belum bersahabat. Sayangnya, kesempatan menguji ban baru pun tidak ia dapatkan sebab waktunya dinilai tidak tepat.

"Kami agak terlambat ke luar lintasan di mana kondisi trek tidak cukup bagus sehingga kami tidak mengerti apakah sudah menyelesaikan pekerjaan dengan baik atau belum. Akhirnya, kami memulainya dan langsung fokus membenahi hal yang ingin ditingkatkan untuk balapan selanjutnya. Secara umum, kami berkumpul dan coba menemukan ide bagaimana bisa nyaman di atas motor," tuturnya.

"Kami juga mencoba swing-arm baru dan sedang kami analisis hal apa saja yang mesti ditingkatkan. Kami tidak mencoba ban depan Michelin yang baru, yang memang merupakan prioritas kami. Kami akan coba mereka di pengujian selanjutnya," imbuhnya.

Pedrosa mulai mengalami kesulitan dengan ban depan Michelin sejak berpacu di Grand Prix Belanda. Perubahan tekstur ban yang dinilainya terlalu keras memang berdampak buruk pada performanya.

Catatan terbaiknya dalam empat seri terakhir adalah finis di posisi enam di Grand Prix Jerman. Bahkan terakhir di Grand Prix Ceko, pembalap 30 tahun finis di peringkat ke-12.

"Sebenarnya, saya tidak mendapatkan perasaan terbaik dalam kondisi trek basah, yang biasanya bisa sangat cepat. Sejak perubahan yang mereka lakukan pada ban depan basah, setelah di Belanda saya langsung kesulitan untuk bisa lebih cepat. Masalah utama saya juga adalah ban yang terkunci ketika mengerem. Itu artinya saya tidak bisa mengerem bagian depan untuk menghentikan motor,"

"Saya memaksakan motor berhenti dengan menurunkan kecepatan, tapi itu terlalu lambat dan saya tidak punya kesempatan. Kami tidak akan berhenti mengerjakannya. Mudah-mudahan kami bisa punya solusi untuk kedua macam kondisi balapan," tandasnya.

Selanjutnya, Pedrosa akan berlaga di seri balap ke-12 di Grand Prix Inggris. Dalam kicauannya di Twitter, pembalap berjuluk The Little Spaniard menyiratkan dirinya akan tetap dipaksa bekerja ekstra keras untuk meraih hasil maksimal.9exe/ist)
0 Komentar