Rabu, 17 Agustus 2016 17:05 WIB

Ratusan ODMK Ikuti Apel HUT ke-71 Republik Indonesia

Editor : Danang Fajar
Laporan : Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Orang Dengan Masalah Kejiwaan mengikuti apel peringatan Hari Ulang Tahun ke 71 Republik Indonesia di Sasana Bina Sosial Bangun Daya 1, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (17/8/2016). Apel tersebut diikuti oleh 110 ODMK di halaman Sasana.

Kepala Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1, Masyudi mengatakan apel ini bagian dari terapi terhadap ODMK. Karena dengan mengikuti apel ini setidaknya mereka bisa ingat kalau hari ini adalah peringatan kemerdekaan.

"Yang mengikuti apel ini adalah ODMK yang berada di klaster dua dan tiga. Mereka sudah berada di tahap pengobatan medis dan sosial. Sehingga apel ini bagian dari terapi mereka," papar Masyudi saat dihubungi, Rabu (17/8/2016) siang.

Ia melanjutkan, meskipun petugas apel berasal dari petugas panti, namun warga binaan yang ikut apel cukup tertib mengikuti acara. Tidak ada kegaduhan karena sebelumnya ODMK tersebut sudah diarahkan agar tertib ketika apel.

"Karena mereka sudah dalam tahap penyembuhan, jadi dalam pemberian pengarahan sudah mudah dilakukan. Mereka sudah mendengar dan mengikuti apa yang kami arahkan," pungkas Masyudi.

Saat ini, pertumbuhan ODMK di DKI cukup tinggi. Panti-panti yang menampung sudah melebihi kapasitas. Di pantinya sudah ada 308 ODMK. Sedangkan yang tidak ikut apel ada 198 ODMK, mereka termasuk ODMK klaster satu yang kondisinya masih parah.
0 Komentar