Sabtu, 06 Agustus 2016 20:37 WIB

Pokemon Go Resmi Hadir di Indonesia, Gamers Senang

Editor : Danang Fajar
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Maraknya game Pokemon Go yang terjadi di Indonesia saat ini, membuat sejumlah masyarakat hingga pemerintah menimbulkan pro dan kontra.

Kendati demikian, game yang sempat menimbulkan kontroversi ini, akhirnya resmi hadir di Indonesia dan dapat diunduh langsung oleh pengguna iPhone, iPad, smartphone maupun tablet Android, melalui App Store milik Apple dan Play Store dari Google dengan ID dari Indonesia.

Peresmian Pokemon Go tentunya membuat seluruh masyarakat Indonesia khususnya para gamers, tidak perlu lagi merasa susah untuk mengunduh aplikasi ini melalui tautan pihak ketiga ataupun melalui unduhan APK.

Salah satunya yang dirasakan oleh seorang warga, Alwine Brahmana (22). Ia mengetahui bahwa game Pokemon Go di Indonesia sudah mudah diunduh dengan tidak seperti sebelum adanya peresmian pada aplikasi game tersebut.

"Tau kok kalo Pokemon Go sekarang sudah bisa di download. Dulu susah banget karena harus pake ID luar," ujar Alwine kepada Tigapilarnews.com, Sabtu (7/8/2016) petang.

Perempuan yang baru saja lulus kuliah di salah satu Universitas Negeri di Bandung itu, bercerita bahwa game Pokemon Go ini merupakan game mobile untuk menemukan Pokemon yang lain. Dengan mode GPS aktif, maka smartphone akan bergetar sebagai notifikasi bahwa ada Pokemon yang bisa ditangkap di daerah sekitar.

Untuk menangkap Pokemon Go tersebut, para gamers hanya membutuhkan beberapa sentuhan dan sebuah Pokeball yang bisa dibeli dari Pokestop yakni outlet yang harus ditemukan di beberapa kawasan terkenal.

Tidak hanya itu, level para gamers akan menentukan level Pokemon yang dapat ditangkap oleh para gamers. Semakin tinggi level para gamers, maka semakin kuat Pokemon yang dapat ditangkap dengan menggunakan pokeball.

"Intinya itu game tentang menangkap aja. Ada levelnya. Jadi semakin banyak menangkap Pokemon, semakin cepet naik levelnya. Levelnya sampai 20an," jelas Alwine.

Bagi para gamers baru, lanjut Alwine, tidak perlu khawatir lantaran setiap para gamers dapat membeli pokeball Pokemon di Pokestop untuk ditetaskan dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan untuk proses evolusi Pokemon, para gamers harus memiliki beberapa jenis Pokemon yang sama untuk digabungkan menjadi Pokemon baru dengan tingkatan selanjutnya.

"Kita bisa beli di Pokestop. Jadi gak usah takut sih bagi pemula," tandas Alwine.

Alwine pun mengaku, ia memainkan game Pokemon Go tersebut hanya untuk sekedar mengetahui bagaimana permainan game Pokemon Go.

"Cuman pengen tau aja. Biasa aja sih gamenya. Mungkin karena saya juga bukan gamers kali ya," tutup Alwine.

Seperti dikutip dari akun resmi game Pokemon Go, selain Indonesia, Pokemon Go juga telah tersedia di negara lainnya di wilayah Asia dan Oceania. Total ada 15 negara yang akhirnya kebagian permainan ini.
0 Komentar