Senin, 01 Agustus 2016 22:50 WIB

Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim Kawal Bonek ke Jakarta

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ratusan Bonek (fans Persebaya) siap menggeruduk Jakarta.

Mereka akan menggelar aksi guna mempertanyakan nasib Persebaya 1927. Rombongan berangkat, Senin (o1/o8/2016) dari Surbaya, dan mendapat kawalan ratusan personel Kepolisian Polrestabes Surabaya dan Polda Jatim hingga Jakarta.

Nantinya, Bonek dari Surabaya akan bergabung dengan 3.000 lebih Bonek yang berasal dari sejumlah kota di Indonesia dan luar negeri, yang tergabung dalam 'Aksi Geruduk Jakarta' yang digelar selama dua hari, yakni 2 dan 3 Agustus di dua titik berbeda.

Aksi pertama di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk meminta surat rekomendasi terkait pengakuan Persebaya 1927. "Selanjutnya kami akan menggelar aksi di lokasi Kongres PSSI di Ancol guna menuntut PSSI memasukkan Persebaya ke dalam kompetisi sepak bola musim depan," juru bicara suporter Bonek, Andi Peci, Senin (01/08/2016).

Ratusan personel kepolisian bersenjata lengkap dari jajaran Polrestabes Surabaya dan Polda Jawa Timur menjaga ketat keberangkatan sekitar 111 suporter persebaya atau Bonek ke Jakarta melalui Stasiun Gubeng, Surabaya.

Satu persatu barang bawaan bonek diperiksa petugas untuk mencari barang yang terlarang untuk dibawa. Seusai diperiksa, mereka dipersilahkan masuk ke dalam dua gerbong Kereta Api Gaya Baru Malam yang disediakan khusus untuk keberangkatan para Bonek.

Untuk mengamankan para bonek selama perjalanan di kereta api, aparat kepolisian meminta agar Bonek melepas semua atribut untuk menghindari perselisihan di jalan. Pihak kepolisian juga menyiagakan sepuluh anggota polisi berpakaian lengkap dan reserse untuk mengawal keberangkatan Bonek ke Jakarta.

Sementara pada gelombang kedua keberangkatan Senin malam, ratusan bonek akan kembali berangkat menggunakan kereta api melalui Stasiun Pasar Turi.(exe/ist)
0 Komentar