Sabtu, 30 Juli 2016 08:59 WIB

Peserta JKN-KIS di Jakut Antisipasi Kanker

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Untuk mengantisipasi terjadinya kanker serviks atau kanker leher rahim, peserta Jaminan kesehatan nasional (JKN)-kartu Indonesia sehat (KIS) dapat memeriksakan diri terhadap resiko penyakit kanker serviks di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau sarana penunjang lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Melalui kegiatan ini, kami harapkan kesadaran peserta JKN-KIS untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker serviks semakin meningkat. Jenis kanker ini sering terjadi pada wanita dan juga penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita," ungkap Mira Anggraini, Direktur BPJS Kesehatan di Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (29/7/2016) sore.

Bahkan Mira menjelaskan, Jakarta Utara dipilih sebagai lokasi penerimaan MURI yang diterima BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan program pemeriksaan IVA dan Papsmear terbanyak serentak di Indonesia. Dimana sekitar 1.558 titik pelayanan pemeriksaan IVA dan Papsmear dengan total target peserta sebanyak 27.000 (IVA) dan 10.275 (Papsmear).

"Harusnya 80 persen wanita Indonesia mau melakukan pemeriksaan dini. Apalagi kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal. Oleh karena itu sebaiknya lakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan," ujarnya.

Usai menerima penghargaan MURI, Direktur BPJS Kesehatan bersama Ketua TP PKK Jakarta Utara, Ani Wahyu dan Kasudin Kesehatan Jakarta Utara, Muhammad Helmi meninjau ruangan pemeriksaan IVA dan Papsmear. "Hari ini, di klinik Kantor Walikota Jakarta Utara ada 144 orang yang melakukan pemeriksaan Papsmear," terang Muhammad Helmi.
0 Komentar