Kamis, 28 Juli 2016 07:38 WIB

Keamanan di F1 Jerman Ditingkatkan

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Rentetan aksi teror yang terjadi di Jerman membuat balapan Formula 1 di Sirkuit Hockenheim langsung jadi sorotan.

Panitia balapan dikabarkan akan meningkatkan keamanan untuk Lewis Hamilton dan kawan-kawan berpacu. Grand Prix Jerman akan digelar di sirkuit legendaris Hockenheim, Minggu (31/07/2016). Namun persiapan seri balap ke-12 musim ini terganggu masalah keamanan yang sedang melanda negara tersebut.

Dalam sepekan terakhir, setidaknya terjadi dua aksi teror di Jerman. Pertama adalah penembakan yang terjadi di Muenchen, 22 Juli lalu, dan yang terbaru adalah insiden bom yang menggemparkan Kota Ansbach, yang berjarak 160 km dari Hockenheim, 25 Juli kemarin.

Kejadian tersebut membuat penyelenggara Grand Prix Jerman langsung memasang status siaga. Meski tidak ada laporan yang menyebut balapan mobil bakal jadi target serangan, namun seperti diberitakan Telegraph, Rabu (27/07/2016), keamanan akan ditingkatkan.

Sebelumnya, Manajemen Formula 1 juga sudah meminta pengamanan ekstra ketat kepada panitia balapan di Inggris, awal bulan lalu. Untuk di Jerman, rupanya bos F1, Bernie Ecclesteone yang meminta langsung masalah keamanan jadi fokus penyelenggaraan balapan.

"Mereka (teror) berada di mana-mana. Semua orang jadi fokus ke sana. Saya tak bisa membayangkan apa yang mereka lakukan, tapi mereka melakukannya. Kami sedang berdekatan dengan mereka jadi kami tahu apa yang mereka lakukan. Semua orang dalam status waspada, terutama di Jerman," ujar Ecclestone.

"Balapan sendiri bukan targetnya. Kami tidak terlalu khawatir," tambahnya.

Juru bicara Sirkuit Hockenheim mengatakan kepada Telegraph, pihak keamanan sendiri sejauh ini belum menerima ancaman serius. Namun peningkatan koordinasi dengan semua pihak terkait terus digalang demi menciptakan situasi yang kondusif. Bentuk nyatanya, CAM Security yang biasa jadi pengaman di seri balap sebelumnya akan meningkatkan jumlah personelnya di area parkir serta antrean loket.

"Polisi saat ini tidak mengetahui adanya gangguan potensial atau risiko bahaya terkait dengan Grand Prix Formula 1 akhir pekan ini di Hockenheim ring. Kepolisian Hockenheim dan semua otoritas terkait lainnya akan terus melakukan kontak dengan promotor dan terus memantau serta mengevaluasi situasi terkait peristiwa baru-baru ini. Kami akandan akan mengambil semua tindakan yang diperlukan dan tepat untuk menjamin keselamatan semua orang yang menyaksikan balapan," jelas panitia balapan.(exe/ist)
0 Komentar