Kamis, 14 Juli 2016 11:27 WIB

Ini Lima PR Baru untuk Kapolri Baru

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Al-Habsyi mengungkapkan, ada lima pekerjaan rumah (PR) yang harus menjadi perhatian Kapolri baru Jenderal Tito Karnavian.

"Satu, melanjutkan reformasi Polri secara menyeluruh, saya telah sampaikan hal ini saat melakukan fit and proper test di komisi III dulu, kemarin sepertinya presiden juga menyampaikan hal yang sama, agar Kapolri melakukan reformasi dari hulu hingga hilir," ucapnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/7/2016).

Kedua, lanjut Aboe, menjaga soliditas Korps Bhayangkara. "Ini juga tugas yang tidak mudah, karena pengangkatan Pak Tito sebagai Kapolri telah melompati 5 angkatan, akibatnya banyak senior yang harus dikoordinasikan dalam struktur, karenanya soliditas lembaga harus dikedepankan," terang dia

Ketiga, sinergi dengan penegak hukum lain. Polri perlu berkolaborasi dengan kejaksaan, KPK maupun pengadilan dalam upaya penegakan hukum.

"Sinergitas para penegak hukum ini akan menentukan kualitas penegakan hukum di Indonesia," katanya.

Keempat, lanjut Aboe, Kapolri yang baru harus melakukan evaluasi agar bentrok antara TNI-Polri tidak terulang.

"Komunikasi antas dua lembaga ini harus dijaga agar terjadi hubungan yang baik pada semua jenjang," papar politikus PKS ini.

Kelima, menggenjot program penegakan hukum strategis, seperti penanganan narkoba, terorisme dan separatisme.
0 Komentar