Selasa, 28 Juni 2016 08:30 WIB

Kinerja Michelin Kembali Jadi Sorotan

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Selain karena dimenangkan pembalap satelit, Jack Miller, GP Belanda 2016 menjadi sorotan lantaran sejumlah pembalap di sana terjatuh.

Dalam kondisi trek licin, kinerja Ban Michelin kembali jadi sorotan. Musim ini merupakan kali pertama Michelin kembali jadi pemasok resmi ban balap MotoGP. Sebelumnya kita tahu ada Bridgstone yang hampir tujuh tahun terakhir memasok karet ban untuk digunakan pembalap selama race berlangsung.

Race kedelapan musim ini yang berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (26/06/2016) lalu berlangsung dalam keadaan hujan lebat. Trek tergenang air dan jarak pandang terbatas.

Akibatnya, banyak pembalap yang terjatuh saat melakoni lomba. Setidaknya tujuh pembalap gagal menyelesaikan balapan di sirkuit berjuluk The Cathedral tersebut.

Banyaknya jumlah pembalap yang jatuh, telah memicu spekulasi bahwa Michelin berperan dalam insiden tersebut. Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang menjadi salah satu pembalap yang jatuh, mengamini hal tersebut.

"Alasan kenapa kami dan para pembalap lainnya terjatuh adalah ban depan. Itu tidak bekerja dengan baik dan saya percaya semua orang menggunakan ban depan yang sama dengan di balapan pertama pada balapan kedua," kata Dovizioso dikutip Motorsport.

Dovizioso mengatakan kurang maksimalnya kinerja ban depan lantaran efek dari penggunaan ban lembut di belakang. Menurut dia, cengkraman yang dihasilkan dari ban belakang menimbulkan masalah bagi ban depan.

"Saya merasa aneh karena ada banyak pembalap terjatuh karena masalah di ban depan. Dalam banyak kesempatan di musim ini, pembalap bisa menang karena pembalap yang lebih cepat terjatuh," ujar Dovizioso mengakhiri.

Balapan kedelapan di Sirkuit Assen dimenangkan Jack Miller disusul Marc Marquez dan Scott Redding dari Pramac. Pada balapan tersebut, sejumlah pembalap di antaranya Dovizioso, Valentino Rossi, Andrea Iannone, Cal Crutchlow dan Dani Pedrosa terjatuh.(exe/ist)
0 Komentar