Senin, 27 Juni 2016 00:42 WIB

Buruh Mandiri Berkat Koperasi

Editor : Danang Fajar
Laporan: Rachmat Kurnia

BEKASI, Tigapilarnews.com -- Koperasi merupakan suatu lembaga yang dinilai cocok dalam memberdayakan rakyat kecil, dalam koperasi terdapat  nilai-nilai yang mulia seperti, keadilan, kebersamaan , kekeluargaan, dan kesejahteraan. Dimana nilai-nilai tersebut sesuai dengan kebutuhan serta kepentingan anggotanya.

Hal ini lah yang mendorong Karyawan PT Adi Wijaya Citra, dimana mereka membentuk Koperasi diperusahaannya sejak tahun 1996 dan resmi berbadan hukum sejak tahun 2009, dimana jumlah anggotnya terdapat 547 Karyawan.

"Koperasi ini sudah bekerja sama dengan dua bank syariah, dengan waktu tiga tahun terakhir ini berhasil mencairkan uang sebanyak Rp 15 milyar, untuk anggota koperasi dan tentunnya koperasi ini semua demi Kepentingan anggota saja" ungkap Pipit Budi, saat di temui Tim Tigapilarnews.com, di Kantor Koperasi di Bantargebang, Minggu (26/6/2016) siang.

Dari koperasi ini, sejumlah buruh bisa meminjam uang dengan angka yang paling besar Rp 100 juta, "Setiap buruh berhak untuk meminjam uang, minimal satu tahun ketika dia sudah masuk dalam keanggotaan dan pinjaman paling besar Rp 100 juta, diharpkan pinjaman tersebut untuk modal usaha buruh atau anggota koperasi" ungkap Pipit.

Sementara itu Pengawas Koperasi Dicky Ardy, berharap jika pemerintah bisa ikut andil memberikan bantuan kepada koperasi.

"Saya harap pemerintah bisa membantu, terutama bekerja sama dalam bidang keuangan, selama ini pemerintah tidak pernah memberikan solusi yang jelas, pemerintah selalu memberikan pembinaan lewat seminar-seminar dan itu tidak penting, tetapi yang paling penting diperlukan langkah yang jelas dalam membina keuangan Koperasi kaum buruh," tutup Dicky.
0 Komentar