Minggu, 26 Juni 2016 00:49 WIB

Swiss Tersingkir, Polandia Melaju ke Babak 8 Besar Piala Eropa 2016

Editor : RB Siregar
SAINT-ETIENNE, Tigapilarnews.com - Timnas Polandia melaju ke perempat-final Piala Eropa 2016 setelah menang tos-tosan 5-4 atas Swiss di Stade Geoffroy Guichard, Saint-Etienne, Sabtu (25/6/2016) malam WIB.

Drama adu penalti terpaksa dilakukan karena kedua tim bermain imbang 1-1 dalam waktu normal 90 menit. Bahkan, saat babak tambahan waktu 2 x 15 menit, kedudukan tak berubah.

Swiss dan Polandia bermain relatif seimbang, baik penguasaan bola maupun percobaan tembakan ke gawang lawan. Polandia melepaskan 21 tembakan, lima di antaranya tepat sasaran.

Sedangkan Swiss, lebih unggul akurasi tembakan yakni sebanyak tujuh kali dari 29 kali percobaan.

Polandia memaksa Swiss bertahan 15 menit pertama. Mereka berusaha keluar dari tekanan penyerag Polandia yang diarsiteki Adam Nawalka.

Tetapi, determinasi Timnas Polandia terus membongkar pertahanan Swiss, hingga akhirnya menit ke-39, tembakan kaki kiri gelandang Borussia Dortmund, Blaszczykowski itu, berhasil memecah kebuntuan, 1-0.

Gol Blaszczykowski itu merupakan yang kedua di ajang Piala Eropa 2016. Sebelumnya, dia mencetak gol ke gawang Ukraina pada babak penyisihan grup, 21 Juni 2016.

Di babak kedua, Swiss menaikan tempo permainan untuk mengejar ketinggalan. Tetapi, rapatnya lini pertahanan Polandia membuat Xhaka dan kawan-kawan kerepotan membobol gawang Polandia.

Gol penyeimbang yang ditunggu-tunggu baru lahir pada menit ke-82. Shaqiri mencetak gol penyeimbang 1-1 setelah mendapat umpan terukur dari Derdiyok.

Skor itu bertahan hingga waktu normal 90 menit. Wasit terpaksa menambah waktu 2 x 15 menit untuk mencari pemenang, tetapi tak didapatkan hingga akhirnya disudahi dengan adu penalti.

Lima algojo Swiss yang melakukan eksekusi penalti, hanya Xhaka yang tak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Sedangkan Lewandowski dan kawan-kawan, mampu melaksanakan kepercayaan pelatih Adam Nawalka.(i)
0 Komentar