Kamis, 16 Juni 2016 15:06 WIB

Sean Gelael Tak Sabar Ingin Jajal Sirkuit Baku City

Editor : RB Siregar
BAKU CITY, Tigapilarnews.com - Pebalap muda Indonesia Muhammad Sean Gelael dan rekannya di tim Pertamina Campos Racing yang didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia, Mitch Evans, sangat antusias menghadapi balapan seri ketiga GP2 di Sirkuit Baku City, Azerbaijan, akhir pekan ini.

Tantangan balapan di sirkuit jalan raya ini sangat menarik karena semua pebalap baru kali pertamanya menjajal lintasan ini. Sirkuit Baku di Azerbaijan baru pertama kali dipakai balapan untuk GP2 ataupun Formula 1.

Sirkuit rancangan arsitek asal Jerman, Hermann Tilke, ini memiliki panjang 6,006 kilometer dengan 20 tikungan.

Lintasan sirkuit melewati wilayah kota tua yang eksotis dengan bangunan bersejarah seperti alun-alun Azadlig, gedung parlemen, dan menara Maiden. Sementara sisi lainnya menampilkan panorama pesisir pantai Laut Kaspia.

Tantangan sirkuit ini adalah tanjakan curam di dekat balai kota tua dan trek lurus sepanjang 2,2 kilometer yang memungkinkan pebalap untuk menggeber mobil dengan kecepatan sampai 340 kilometer per jam.

Sirkuit Baku bisa dibilang sebagai sirkuit tercepat dengan rata-rata kecepatan 211 km/jam. Dua sirkuit jalan raya lainnya, yakni Marina Bay (Singapura) hanya 177,303 km/jam, sedangkan Monako hanya 163,521 km/jam.

Yang membuat balapan di  Baku lebih menarik, yakni arah balapan berlawanan dengan  arah jarum jam. Lintasan ini  memiliki lebar 13 meter, tetapi  di antara tikungan tujuh dan  delapan, lebar lintasan menyempit menjadi 7,6 meter. Di titik inilah tantangan tersulit bagi pebalap.

"Sirkuit baku tricky bagi semua pebalap karena biasanya lintasan baru yang belum pernah dipakai balapan masih licin. Itu yang patut diwaspadai," kata Sean.

Namun demikian Sean sangat antusias karena sirkuit ini memiliki lintasan lurus yang sangat panjang yakni 2,2 kilometer. "Yang menarik ini baru bagi semua pebalap. Jadi, semua memulai dari nol," ujar Sean.

Hal senada diungkapkan Evans. Dia optimistis bisa meraih poin lagi seperti di Monako. "Saya sangat suka tantangannya. Mudah-mudahan kami mendapat setingan mobil yang bagus," ujarnya.

Pada uji simulator di markas tim Campos di Valencia, Sean dan Evans mencetak waktu pada kisaran 1 menit 55 detik.  Hasil ini cukup menjanjikan.(i)
0 Komentar