Rabu, 08 Juni 2016 00:16 WIB

Polwan Muslim di Skotlandia Akan Berhijab

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kepolisian Skotlandia dilaporkan tengah menggodok rencana untuk memasukan hijab sebagai bagian dari seragam resmi mereka.

Hal ini akan memungkinkan polisi wanita Muslim di Skotlandia untuk menggunakan hijab ketika bertugas. Rencana pertama kali terungkap saat terjadi pertemuan antara kepolisian Skotlandia dengan otoritas kepolisian di negara tersebut.

Ide ini juga telah dibicarakan dengan komunitas Muslim di Skotlandia, dan mendapat sambutan yang luar biasa. Ketua Dewan Muslim Skotlandia, Mazhar Khan, menuturkan ide ini akan mampu mendorong kaum minoritas, dalam hal ini kaum Muslim, untuk terlibat lebih banyak dalam penegakan hukum di Skotlandia.

Dirinya juga menyebut, kepolisian Skotlandia juga harus memberlakukan peraturan-peraturan yang mampu mendorong keterlibatan penganut agama lain.

"Kami menyambut sesuatu yang membantu untuk mendorong kelompok-kelompok minoritas untuk bergabung, dan mencari pekerjaan dalam kepolisian. Jelas, ini adalah sesuatu yang harus dilakukan kepada komunitas agama lain juga. Misalnya, Sikh yang memakai turban. Untuk memastikan bahwa polisi menjadi lebih representatif dari masyarakat yang beragam," ucap Khan, seperti dilansir Sputnik, Selasa (07/06/2016).

"Jika itu dianggap sebagai penghalang sebelumnya, maka ide ini akan menghapus penghalang tersebut. Jadi dalam arti bahwa itu adalah langkah positif, tentu orang akan melihat ini sebagai sikap yang positif, bahwa hijab tidak dilihat sebagai masalah atau hambatan untuk mendapat pekerjaan di kepolisian," sambungnya.

Polisi Skotlandia telah menyatakan, mereka memerlukan setidaknya 650 personel baru, yang semuanya akan direkrut dari komunitas minoritas. Kepolisian Skotlandia berharap ini akan menunjukan proporsi di tubuh kepolisian.(exe/ist)
0 Komentar