Minggu, 05 Juni 2016 10:57 WIB

Rute Balap Sirkuit Catalunya Terpaksa Diubah

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Rute balap Sirkuit Catalunya terpaksa diubah menjadi trek lambat oleh otoritas balap grand prix sepeda motor.

Keputusan tersebut diambil mendadak menyusul kematian pembalap Moto2, Luis Salom. Salom tewas setelah tergelincir di tikungan terakhir sirkuit Catalunya saat ujicoba hari pertama, Jumat (04/06/2016) lalu.

Setelah insiden itu, pembalap MotoGP khawatiran dengan tikungan ke-12, di mana lokasi tersebut tidak tersedia lahan kerikil atau gravel yang memperlambat laju motor ketika terjadi kecelakaan.

Dalam rapat Komisi Keamanan yang dihadiri Marc Marquez, Andrea Iannone, Pol Espargaro, Jack Miller, Bradley Smith, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso, Tito Rabat dan Cal Crutchlow, disepakati untuk mengubah tata letak sirkuit. Sebanyak dua perubahan fundamental dilakukan dengan 'memangkas' rute sirkuit.

Dua rute sirkuit yang dipangkas adalah tikungan ke-11 dan 13. Karakter dua tikungan lebar itu dianggap membahayakan pembalap ketika masuk ke tikungan 12 sehingga dialihkan menjadi trek dengan karakter lambat.

Perubahan rute di Sirkuit Catalunya sebetulnya bukan kali pertama terjadi. Perubahan tersebut pernah dilakukan otoritas sirkuit pada dua tahun lalu, dan umumnya rute itu digunakan untuk balapan Formula 1.

Perubahan rute balap di Sirkuit Catalunya tentunya menuntut pembalap MotoGP untuk kembali beradaptasi usai latihan bebas. Diketahui, rute baru tersebut langsung diberlakukan sejak sesi latihan bebas hari kedua dan sesi kualifikasi yang dimenangkan Marc Marquez.(exe/ist)
0 Komentar