Selasa, 31 Mei 2016 17:11 WIB

TNI-AU Pensiunkan Pesawat Tempur F-5

Editor : Hendrik Simorangkir
JAKARTA, Tigapilarnews.com - TNI-AU mempensiunkan pesawat tempur F5. Matra itu segera membeli 8 jet Sukhoi Su-35 dan pesawat F-16 dari Amerika.

Pembelian kedua jenis pesawat tempur tersebut pernah diungkapkan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, beberapa waktu yang lalu. Namun hingga saat ini belum diperoleh kepastian pengganti alusista F-5 yang telah dipensiunkan itu.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriyatna di AWR Buding, Bangka Belitung, Selasa (31/05/2016), mengungkapkan bahwa Kementerian Pertahanan tengah memproses itu.

"Insya Allah ada pengganti F-5 dan Insya Allah ada tambahan pesawat-pesawat angkut, helikopter, dan semua. Sedang diproses oleh Kemhan," kata KSAU.

Lebih dari itu, Agus membeberkan, sejuah pilot TNI-AU juga telah dilatih agar siap melakukan konversi. "Kan para penerbang sudah kita latih terbang di Sukhoi, ada juga yang di F-16 untuk pesawat-pesawat pengganti F-5 nanti. Nah penerbang-penerbang di F-5 nanti ikut latihan di Sukhoi dan F-16," kata Agus.

Pada kesempatan itu, KSAU juga menjelaskan tentang kondisi terakhir dari F-5. "Untuk F-5 kita lihat situasi dan kondisinya, satu-satu sudah kami grounded," pungkas Agus.
0 Komentar