Selasa, 31 Mei 2016 14:28 WIB

Jimly: Hukuman Mati Sangat Cocok di Indonesia

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pakar Hukum Tata Negara (HTN) Jimly Asshiddiqie menyatakan hukuman mati bagi terpidana apapun sudah sangat cocok di Indonesia.

Sebab, kata dia, banyaknya kejahatan luar biasa yang kerap terjadi di Indonesia. Semisal teroris, narkoba, kejahatan seksual anak dan korupsi.

"Masih relevan karena itu sekaligus kita mengabsource kemarahan publik karena banyak sekali jenis-jenis kejahatan baru seperti yang tidak ada penyelesaian maka jalan paling efisien dalam rangka mengontrol perilaku kita," kata Jimly, Selasa (31/5/2016).

Namun, ujar Mantan Ketua MK, ke depan jika kondisi kondusif, hukuman mati bisa dihilangkan di Indonesia.

"Saya setuju sekali suatu hari harus dihapus karena bertentangan dengan sila pertama dan kedua Pancasila," ujar Jimly.

Saat ini puluhan orang sudah dihukum mati terkait berbagai kejahatan. Namun putusan pengadilan itu seakan menjadi macan kertas karena Jaksa Agung HM Prasetyo tidak kunjung mengeksekusi mati semuanya. Rencana eksekusi mati Gelombang III juga belum jelas kapan akan dilaksanakan hari H nya.

"Kita masih persiapan dan koordinasi. Kalaupun dilaksanakan ya setelah lebaran lah. Masa puasa-puasa (bulan puasa, red) hukuman mati," ujar Prasetyo di Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (27/5/2016).
0 Komentar