Minggu, 29 Mei 2016 16:00 WIB

Ribuan Prajurit Kolinlamil 'Amankan' Laut Jakarta

Editor : Hendrik Simorangkir
JAKARTA, Tigapilarnews.com – Aksi bersih-bersih laut Jakarta Utara digelar. Ribuan prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dan aparat lainnya dikerahkan.

Kegiatan itu digelar dalam rangka memperingati ulang tahun ke-55 Kolinlamil. Demikian disampaikan Dinas Penerangan Kolinlamil melalui keterangan tertulis, Minggu (29/5/2016).

Disebutkan, aksi itu dipimpin langsung Panglima Kolinlamil Laksamana Muda Aan Kurnia. Aksi berlangsung pada Jumat (27/5/2016) dengan mengerahkan sebanyak 2.000 personel.

Lokasi pembersihan yakni mulai dari Dermaga Kolinlamil hingga ke Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Personel yang terlibat dalam aksi ini berasal dari prajurit Kolinlamil sebanyak 1.500 personel dan selebihnya dari unsur maritim di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

Di antaranya, dari personel Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Lantamal III, Dishidros, Polairud,Pelindo III, JICT II, dan Pemda Kodya Jakarta Utara.

Para petugas itu bergerak memunguti seluruh sampah yang mengapung di laut kemudian dibawa ke darat untuk diangkut dengan truk sampah.

Menurut Laksamana Muda Aan Kurnia, baru kali ini kegiatan bersih-bersih di Tanjung Priok dilakukan dengan melibatkan personel sebanyak itu.

"Saya berharap kegiatan kebersamaan ini terus berlanjut kita lakukan demi menjaga kebersihan lingkungan laut kita, sehingga terlihat indah dan bersih," ujarnya.

Selain dalam skala besar ini, sebenarnya di Kolinlamil setiap hari dilakukan pembersihan laut oleh tim yang telah ditunjuk. Pembersihan dilakukan setiap pagi dan sore hari.

"Mereka melakukan pembersihan sampah di laut saat pagi dan sore hari, secara bergantian, selama dua jam, terutama di sekitar kolam Dermaga Kolinlamil. Setiap hari bisa mengumpulkan sampah lima sampai enam karung," pungkasnya.

 
0 Komentar