Sabtu, 07 Mei 2016 15:43 WIB

Ini Dia Es Stik Indonesia yang Super Ngangenin

Editor : RB Siregar
Laporan: Rachmat Kurnia

ES GOYANG merupakan jajanan legenda semasa kecil. Rasanya gurih sehingga sulit dilupakan. Es Goyang bisa disejajarkan dengan es krim yang sangat disukai anak-anak saat ini. Itulah sebabnya, Es Goyang juga disebut es krim stik tradisional asal Indonesia.

Sayang, saat ini tak mudah mendapatkan jajanan yang ngangenin itu. Penjualnya juga sudah sangat langka, mungkin berpindah ke usaha lain. Misalnya jadi pedagang bakso atau penjual mie ayam dan sebagainya.

Apalagi anak-anak sekarang lebih menyukai es krim ternama yang setiap hari diiklankan di televisi. Mungkin, hal inilah yang membuat es krim stik asal Indonesia kalah bersaing sehingga pedagangnya berpindah ke usaha lain.

Tapi, jangan khawatir. Cara membuat Es Goyang sangat mudah dengan bahan-bahan yang juga bisa didapat di pasar tradisional dengan harga terjangkau.

Namun, jika tak mau repot, datang saja ke pinggiran Ibukota, Bekasi atau Depok misalnya. Di sana biasanya masih terdapat penjual Es Goyang, walau tak ada jaminan Anda menemukannya.

Agar tak kecewa, datang saja ke Pasar Senggol Summarecon Bekasi, yang berakhir Minggu (8/5/2016). Anda bisa menikmati cita rasa Es Goyang dengan macam varian rasa, di antaranya rasa coklat dan nangka. Jika ingin lebih maknyus, tambahkan toping kacang atau lelehan coklat.

CARA BUAT

Nurdin, penjual Es Goyang di Pasar senggol summarecon Bekasi itu, menjelaskan, kala dulu Es Goyang merupakan jajanan legenda yang bisa disejajarkan dengan es krim saat ini.

Warga asal Garut, Jawa Barat itu menambahkan, cara pembuatan Es Goyang tergambar dari namanya.
Adonan dimasukkan ke dalam cetakan, kemudian gerobak digoyang-goyang sampai 30 menit.

Mengapa harus digoyang? Agar es cepat membeku sesuai cetakan yang tersedia. Di bagaian bawah cetakan es terdapat air dengan potongan-potongan es, serta tambahan garam di dalamnya.

Es goyang memiliki berbagai macam varian rasa, misalnya ada rasa pandan, coklat, strawberyy, ketan hitam, kacang hijau, kelapa muda, nangka, alpukat sampai durian.

Nah, jika ingin bernostalgia melalui Es Goyang, datanglah ke Pasar Senggol Summarceon Bekasi yang berakhir Minggu (8/5/2016). Selamat mencoba.(i)
0 Komentar